TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints29911 UR - http://digilib.unila.ac.id/29911/ A1 - M. PANJI BINTANG GUMANTARA , 1418011121 Y1 - 2017/12/22/ N2 - Latar Belakang: Self-efficacy merupakan suatu keyakinan yang dimiliki individu untuk mencapai tujuan tertentu. Optimisme adalah keyakinan dalam diri individu berupa keyakinan akan hal positif dalam mengerjakan sesuatu. Adaptasi adalah kemampuan untuk menghadapi stresor yang dihadapi pada lingkungan yang baru yang dipengaruhi oleh salah satu faktor yaitu jenis kelamin. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan self-efficacy, optimisme, dan jenis kelamin mahasiswa tahun pertama dalam proses beradaptasi terhadap lingkungan pembelajaran Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan pendekatan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 223 mahasiswa tahun pertama Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Penelitian ini menggunakan 3 kuesioner General Self-efficacy (GSE), Life Orientation Test- Revised (LOT-R), dan Student Adaptation to College Questionnaire (SACQ). Data penelitian kemudian dianalisis dalam analisis multivariat regresi logistik. Hasil Penelitian: Hasil penelitian menunjukkan, terdapat hubungan self-efficacy, optimisme, dan jenis kelamin mahasiswa dalam proses beradaptasi. Hasil uji analisis regresi logistik didapatkan nilai p <0,05. Simpulan: Terdapat hubungan self-efficacy, optimisme, jenis kelamin mahasiswa tahun pertama dalam proses beradaptasi terhadap lingkungan pembelajaran Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Kata Kunci : Self-efficacy, optimisme, jenis kelamin adaptasi abstract Background: Self-efficacy was a belief that individuals have to achieve certain goals. Optimism was a belief in the individual as confidence will be achieved positive things in doing. Adaptation was ability to cope the stressors encountered in new environment that influence by many factors, one of them was gender. The purpose of this study was to investigate the relationship self-efficacy, optimism, and gender of first year students in the adaptation process and learning environment in Medical Faculty University of Lampung. Methods: This study used cross sectional approach. The sample in this study consisted all of 2017 active students Medical Faculty University of Lampung. The study use 3 questionnaires, General Self-efficacy (GSE), Life Orientation Test-Revised (LOT-R), and Student Adaptation to College Questionnaire (SACQ). Data of this study analyzed with multivariat regression logistic analysis. Results: There was a relationship of self-efficacy, optimism, and gender of first year student in adaptation process. Multivariat regression logistic analysis results obtained p value <0,05. Conclusion: There was a relationship of self-efficacy, optimism, and gender first year students in adaptation process and learning environment in Medical Faculty University of Lampung. Keyword : Self-efficacy, optimism, gender, adaptation PB - FAKULTAS KEDOKTERAN TI - HUBUNGAN SELF-EFFICACY DAN OPTIMISME MAHASISWA TAHUN PERTAMA DALAM PROSES BERADAPTASI TERHADAP LINGKUNGANPEMBELAJARAN UNIVERSITAS LAMPUNG AV - restricted ER -