%A 1423021072 Arief Ageng Sanjaya %T PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK UNTUK MENDUKUNG MODEL PROBLEM BASED LEARNING DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS %X Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan LKPD yang mendukung PBL serta valid, praktis, dan efektif ditinjau dari kemampuan berpikir kritis siswa. Prosedur pengembangan LKPD dimulai dari tahap persiapan, desain produk, validasi desain, revisi LKPD dan uji LKPD. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPIT Daarul 'Ilmi Bandar Lampung. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner dan tes. Kuesioner ini digunakan untuk menilai LKPD yang dikembangkan dari aspek materi, penampilan, dan kepraktisan serta tes yang digunakan untuk memperoleh data kemampuan berpikir kiritis. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil bahwa LKPD berkembang sangat baik dari aspek validasi materi dan baik dari aspek validasi desain pembelajaran dan kepraktisan. Hasil analisis data kemampuan berpikir kritis mendapat rata-rata nilai 81 kategori baik dan 79% siswa mendapat kriteria minimal yang baik, sehingga menunjukkan bahwa ada efektifitasnya dengan menggunakan LKPD. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa LKPD yang dikembangkan memenuhi kriteria yang valid, praktis, dan efektif untuk mengkaji kemampuan berpikir kritis. Kata kunci: LKPD, PBL, Berpikir kritis matematis %D 2018 %I Universitas Lampung %L eprints29916