%0 Generic %A FAISAL MARDIANSA , 1216051041 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2017 %F eprints:29937 %I FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK %T IMPLEMENTASI BUSINESS MODEL CANVAS SEBAGAI ALTERNATIF STRATEGI BISNIS DALAM PENGEMBANGAN INDUSTRI KREATIF (Studi Kasus Pada Usaha Papan Bunga Dian Florist Bandar Lampung) %U http://digilib.unila.ac.id/29937/ %X Ekonomi kreatif adalah gelombang keempat tahapan pembangunan ekonomi setelah ekonomi pertanian, industri, dan informasi, yang akan menjadi sektor ekonomi yang penting pada masa depan karena berbasis kreativitas dari orangorang kreatif yang merupakan sumber daya terbarukan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan observasi, wawancara langsung dan dokumentasi. Hasil penelitian dari identifikasi Business Model Canvas ini dapat memberikan pilihan strategi bisnis yang tepat untuk Dian Florist dimasing-masing blok. Blok customer segment yaitu pemerintah, perusahaan, organisasi, dan perorangan. Blok value propositions yaitu pelayanan, keindahan desain, membantu menjaga hubungan pelanggan dengan rekan, desain sesuai selera konsumen, dan garansi kualitas. Blok channel yaitu via telepon dan sms, media sosial, media cetak dan radio, dan distribusi langsung. Blok customer relationships yaitu pelayanan jasa, memberikan hadiah kepada pelanggan, dan melakukan komunikasi. Blok revenue streams yaitu sewa papan bunga, jual bunga sterofoam, jual bunga hand bouquet, jual bunga tali pita, jual bunga mobil dan jual parcel. Blok key resources yaitu terdiri dari sumber daya fisik dan sumber daya manusia. Blok key activities yaitu konsep desain, produksi papan bunga, pemberitahuan info, mengantar ke lokasi dan membuat hand bouquet, bunga tali pita dan bunga mobil. Blok key partnerships yaitu pemerintah, pejabat publik, distributor bunga segar, dan distributor bunga medan. Blok cost structure yaitu biaya variabel dan biaya tetap. Alternatif Staregi menggunakan Analisis SWOT yang tepat untuk Dian Florist adalah strategi strength opportunities(SO) atau growth oriented strategy. Kata Kunci: Business Model Canvas, Industri Kreatif, Strategi Bisnis, Analisis SWOT ABSTRACT The creative economy is the fourth wave of economic development after agriculture, industry, and information economy, which will become an important economic sector of the future because of creativity-based creativity that is a renewable resource. This research is descriptive research with qualitative approach. Data collection techniques used with observation, direct interview and documentation. The results of the identification of Business Model Canvas can provide the choice of the right business strategy for Dian Florist in each block. Customer segment blocks are government, companies, organizations, and individuals. Block value propositions is service, beauty of design, help maintain customer relationships with colleagues, designs according to consumer tastes, and quality warranty. Block channels are via phone and sms, social media, print and radio media, and direct distribution. Block customer relationships is services, give gifts to customers, and communicate. Block revenue streams are flower board rental, sterofoam flower sale, hand bouquet flower sale, selling ribbon rope, selling car flower and selling parcel. The key resources block consists of physical resources and human resources. Block key activities are design concepts, flower board production, notification info, drop off to the location and make hand bouquet, flower ribbon and car flower. Key partnerships are government, public officials, distributors of fresh flowers, and distributors of terrain. Cost structure blocks are variable cost and fixed cost. Alternative Staregi using the appropriate SWOT Analysis for Dian Florist is a strategy for opportunities (SO) or growth oriented strategy. Key Word: Business Model Canvas, Creative Industry, Dian Florist, Business Strategy, SWOT Analysis