TY - THES ID - eprints29968 UR - http://digilib.unila.ac.id/29968/ A1 - DESEMBRI, 1523041001 Y1 - 2018/01/08/ N2 - Mengatasi rendahnya pemahaman membaca peserta didik harus dilakukan upaya perbaikan oleh guru. Perbaikan yang perlu dilakukan adalah mengembangkan bahan ajar. Untuk itu, tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk bahan ajar membaca teks cerpen dengan mengombinasikan metode SQ3R dan 5W+1H untuk peserta didik kelas IX SMP/MTs. Penelitian ini menggunakan metode research and development tiga tahapan utama, yakni hasil studi pendahuluan, pengembangan produk, dan produk atau hasil pengembangan. Prosedur penelitian ini diawali dengan studi pendahuluan untuk memperoleh informasi awal tentang kondisi objektif pembelajaran dan kebutuhan bahan ajar. Langkah berikutnya adalah mendesain dan mengembangkan produk bahan ajar, memvalidasi, mengujicoba, merevisi, dan memproduksi. Revisi produk pengembangan dilakukan berdasarkan masukan- masukan dari setiap uji yang dilakukan untuk menghasilkan produk bahan ajar yang layak dan siap untuk diimplementasikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan metode SQ3R dan 5W+1H telah memiliki karakteristik sebagai bahan ajar pendamping buku paket secara subtantif, pedagogis, dan teknis. dikembangkan sangat menarik digunakan karena dapat memvariasikan cara membaca sesuai dengan tujuan membaca teks sastra Hasil penilaian dari responden pengguna maupun ahli menyatakan LKPD ini sangat layak digunakan. efektif ditunjukkan pada hasil uji coba luas di tiga sekolah. Nilai rata-rata dari ketiga sekolah tersebut menunjukkan nilai pascates kategori ?baik?. Kata kunci : bahan ajar, teks cerpen, metode SQ3R ABSTRACT In resolving low of learners? reading comprehension, there should be improvement carried by teacher. A revision needs to carry on now is developing teaching materials. Hence, this research purposes to produce teaching materials on reading short story text by combining SQ3R and 5W1H methods for learners in Grade IX of SMP/MTs. This research used research and development they were, preliminary study result, product development, and product or development result. This research procedure began with a preliminary study to get an initial information about objective situation of learning and learning materials necessity. Next step was designing and developing product of learning materials, validating, conducting trials, revising, and producing. Development result?s revision was held according to the inputs from each test applied to generate a properly and readily implemented teaching materials product. Research result shows that characteristic as additional teaching materials in substantive, pedagogy and technique. reading styles suitable with the purpose of reading literature text. was proved able to create an effective learning as shown on result of trials conducted in three schools. The average score of those was predicate or ?good? category. Keywords: teaching materials, short story text, SQ3R method PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN M1 - masters TI - PENGEMBANGAN LKPD MEMAHAMI TEKS CERPEN DENGAN MENGOMBINASIKAN METODE SQ3R DAN 5W+1H UNTUK PESERTA DIDIK KELAS IX SMP/MTs AV - restricted ER -