TY - UNPB CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints2997 UR - http://digilib.unila.ac.id/2997/ A1 - Ferdi Pratama, 0916011037 Y1 - 2013/12/16/ N2 - ABSTRAK TINGKAT PENGETAHUAN PASIEN TENTANG HAK-HAK DALAM MENDAPATKAN PELAYANAN KESEHATAN (Studi pada pasien rawat inap pengguna Jamkesmas di RSUD Dr. H. Abdul Moeloek Bandar Lampung) Oleh: Ferdi Pratama Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengetahuan pasien rawat inap pengguna jamkesmas tentang hak-haknya sebagai pasien dalam mendapatkan pelayanan kesehatan di rumah sakit. Akses terhadap pelayanan kesehatan yang telah dijamin oleh Negara melalui jamkesmas belum seutuhnya terealisasi sebagaiamana mestinya. Faktanya masih banyak penyimpangan yang terjadi selama penyelenggaraan jamkesmas. Pasien sebagai konsumen kesehatan memiliki hak perlindungan dari kemungkinan upaya pelayanan kesehatan yang tidak bertanggung jawab yang diatur dalam UU No. 8 Tahun 1999. Hasil penelitian menunjukan bahwa masyarakat pemilik jamkesmas belum memahami dengan baik hak ? hak yang mereka miliki. Pasien yang mengerti akan hak dan kewajibannya serta mengetahui dasar hukum dimana ia patut mendapatkan perlindungan, merupakan sebuah nilai penting untuk menguatkan posisinya di hadapan semua pihak yang terlibat di dalam pelayanan kesehatan tak terkecuali pasien di RSUD Dr. H. Abdul Moeloek Bandar lampung. RSUD Dr. H. Abdul Moeloek sebagai Rumah Sakit Rujukan tertinggi di provinsi Lampung sudah seharusnya menjadi rumah sakit yang mampu memberikan pelayanan sesuai UU dan peraturan yang berlaku. Kata kunci : Pengetahuan, pelayanan kesehatan, pasien, jamkesmas, rumah sakit, hak. ABSTRACT THE LEVEL OF KNOWLEDGE ABOUT THE RIGHTS OF PATIENTS IN OBTAINING HEALTH SERVICES (A Study Of Patient Hospitalization Jamkesmas Users In RSUD Dr. H. Abdul Moeloek Bandar Lampung) By : FERDI PRATAMA This research was meant to find out how knowledge hospitalized patients jamkesmas users about her rights as a patient in obtain health care in hospital. Acces to health services has been guaranteed by the state through the fully realized yet jamkesmas properly. The fact that there are still many irregularities that occurred duing the organization of the jamkesmas. The patient as a consumer of health have the right protection from the possibility of a health services efforts is not esponsible under Act Number 8 of 1999. The research result showed that the public owns the jamkesmas haven?t understand well the rights they have . Patients who understand the ights and obligations as well as to know the legal basis for which he deserved protection, is an important value to strengthen its position in the presence of all the parties involved in the health service was no exception in the provincial hospital patients Dr. H. Abdul Moeloek Bandar Lampung. RSUD Dr. H. Abdul Moeloek the referral hospitals highest in lampung provincial should be hospital being able to provide service accordance with law and regulations. Keywords : Knowledge, Health Serveces, Patient, Hospital, Jamkesmas, Rights PB - FISIP TI - TINGKAT PENGETAHUAN PASIEN TENTANG HAK - HAK DALAM MENDAPATKAN PELAYANAN KESEHATAN ( Studi Pada Pasien Rawat Inap di RSUD Dr. H. Abdul Moeloek, Bandar Lampung ) AV - restricted ER -