TY - GEN CY - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN ID - eprints29987 UR - http://digilib.unila.ac.id/29987/ A1 - LENI MARYANI , 1513069039 Y1 - 2018/01/05/ N2 - Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar tematik siswa kelas 2 SD Negeri 1 Palas Jaya melalui penggunaan metode Role Playing. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahapan setiap siklusnya, yang terdiri dari tahap: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan teknik nontes dan teknik tes. Teknik analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode Role Playing. dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar tematik. Persentase aktivitas siswa secara klasikal pada siklus I mendapat katagori ?Aktif?, kemudian pada siklus II mengalami peningkatan menjadi ?Aktif?. Hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I termasuk dalam katagori ?Sedang?, lalu pada siklus II meningkat menjadi ?Tinggi?. Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, role playing. PB - UNIVERSITAS LAMPUNG TI - PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK PADA SISWA KELAS 2 SD NEGERI 1 PALAS JAYA KABUPATEN LAMPUNG SELATAN AV - restricted ER -