%0 Generic %A TIRAS ADI ARISANDI, 1343053038 %C FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %D 2017 %F eprints:30005 %I UNIVERSITAS LAMPUNG %T PENGARUH METODE EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI 4 METRO UTARA %U http://digilib.unila.ac.id/30005/ %X Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode eksperimen terhadap hasil belajar IPA. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan desain penelitian Pretest-posttest control design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes, dengan penjelasan bahwa tes untuk mengatahui hasil belajar IPA pada siswa. Data analisis dengan menggunakan teknik analisis inferensial, dan t test. Hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode eksperimen terhadap hasil belajar IPA dan terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas kontrol dan kelas eksperimen pada siswa kelas IV SD Negeri 4 Metro Utara Kata Kunci : Hasil Belajar, Metode Eksperime, IPA ABSTRACT The problem in this research is the low of science learning result. The objective of this research is to know the influence of the use of experimental method to the science learning outcomes, The type of research used in this study is experimental research. with Pretest-posttest control design design. Data collection was done by using the test, with the explanation that the test to mengatahui science learning outcomes in students. Data analysis using inferential analysis techniques, and sample t test. The result of this research is conclusion that there is influence of experimental method to science learning result and there are difference of learning result between control class and experiment class in fourth grade students of SD Negeri 4 Metro Utara Keywords: Learning Outcomes, Experimental Methods, and Science