%0 Generic %A Yulisa Nitami, 1343052014 %C FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %D 2018 %F eprints:30075 %I UNIVERSITAS LAMPUNG %T PENINGKATAN INTERAKSI SOSIAL SISWA MENGGUNAKAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 NATAR TAHUN AJARAN 2017/2018 %U http://digilib.unila.ac.id/30075/ %X Masalah dalam penelitian ini adalah interaksi sosial siswa rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah interaksi sosial dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok. Dianalisis dengan statistik non parametrik menggunakan uji wilcoxon. Subyek penelitian ini sepuluh orang siswa yang memiliki interaksi sosial rendah. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa interaksi sosial mengalami peningkatan signifikan setelah pemberian layanan bimbingan kelompok. Hal ini ditunjukkan dari hasil pretest dan posttest yang diperoleh Z hitung = -2,816 dan Z tabel = 1,96 Karena Z hitung ≤ Z tabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara interaksi sosial siswa sebelum dan setelah diberikan layanan bimbingan kelompok. Kesimpulan, interaksi sosial siswa dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Natar Tahun Pelajaran 2017/2018. Kata kunci : bimbingan dan konseling, interaksi sosial, layanan bimbingan kelompok