creators_name: RINA INTAN SARI, 1313052046 creators_id: rinaintan95@gmail.com type: other datestamp: 2018-01-31 04:31:08 lastmod: 2018-01-31 04:31:08 metadata_visibility: show title: PENGGUNAAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK ASERTIVE TRAINING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN EQUALITY PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 11 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018 ispublished: pub subjects: L1 full_text_status: restricted abstract: Masalah penelitian ini adalah keterampilan equality dalam komunikasi interpersonal rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan equality komunikasi interpersonal siswa menggunakan konseling kelompok teknik asertive training pada siswa kelas X SMA Negeri 11 Bandar Lampung tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini bersifat pre-eksperimental dengan One Group Pretest-Posttest Design. Subjek penelitian ini sebanyak 5 siswa yang memiliki keterampilan equality dalam komunikasi interpersonal rendah, dan pengambilan subjek menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan skala equality komunikasi interpersonal. Hasil penelitian menunjukkan layanan konseling kelompok tenik assertive training dapat meningkatkan keterampilan equality komunikasi interpersonal pada siswa kelas X di SMA Negeri 11 Bandar Lampung, hal ini dibuktikan dengan analisis data menggunakan uji beda Wilcoxon, diperoleh z Kata kunci: asertive training, equality, konseling kelompok,. hitung = -2.023 < z tabel= 1.645. date: 2018-01-11 date_type: published publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG citation: RINA INTAN SARI, 1313052046 (2018) PENGGUNAAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK ASERTIVE TRAINING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN EQUALITY PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 11 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/30082/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/30082/2/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAAHASAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/30082/3/SKRIPSI%20FULL.pdf