%0 Generic %A VINA RESVIANI, 1513069067 %C FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %D 2017 %F eprints:30083 %I UNIVERSITAS LAMPUNG %T PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V SDN 1 GULAK GALIK BANDAR LAMPUNG %U http://digilib.unila.ac.id/30083/ %X Masalah penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN 1 Gulak galik Bandar Lampung, Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas V SDN 1 Gulak Galik Bandar Lampung melalui penerapan metode Jigsaw. Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Alat pengumpul data yang digunakan lembar observasi dan soal test formatif. Teknik analisa data berupa analisa data kualitatifdan analisa data kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan metode jigsaw dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn siswa, persentase akivitas dan hasil belajar siswa pada siklus I kategori “Kurang Tinggi”. Pada siklus II menjadi tinggi Kata Kunci : Aktivitas Belajar, Hasil belajar, Pembelajaran Jigsaw