@misc{eprints30098, month = {Januari}, title = {EFEKTIVITAS E-BOOK INTERAKTIF BERBASIS REPRESENTASI KIMIA PADA MATERI ASAM BASA DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA}, author = { 1313023019 DWI JUWITA SARI}, address = { UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2018}, url = {http://digilib.unila.ac.id/30098/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan efektivitas e-book interaktif berbasis representasi kimia untuk meningkatkan pemahaman konsep pada siswa pada materi. Metode dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan desain the matching only pretest and posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Melinting semester genap tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 90 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling sehingga didapatkan kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang dilakukan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-gain di kelas eksperimen sebesar 0,72 (kategori tinggi). Rata-rata nilai postes di kelas eksperimen sebesar 84,4 dan ratarata nilai postes di kelas kontrol sebesar 62,2. Hasil ini menunjukkan bahwa pemahaman konsep siswa di kelas eksperimen lebih tinggi daripada pemahaman Dwi Juwita Sari konsep siswa di kelas kontrol terlihat dari rata-rata n-gain yang berkategori ?tinggi? di kelas eksperimen dan rata-rata nilai postes di kelas eksperimen dan kontrol berbeda secara signifikan. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan e-book interaktif berbasis representasi kimia efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa. Kata kunci: asam basa, e-book, pemahaman konsep} }