TY - GEN CY - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN ID - eprints30120 UR - http://digilib.unila.ac.id/30120/ A1 - EKA WULANDARI, 1313053046 Y1 - 2017/12/28/ N2 - Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 2 Kampung Baru yakni 27 orang siswa sudah tuntas dan 24 orang siswa belum tuntas dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 65. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe role playing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SDN 2 Kampung Baru. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Alat pengumpul data berupa soal pilihan jamak yang sebelumnya telah diujikan dan dianalisis dengan validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data berupa kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran kooperatif tipe role playing terhadap hasil belajar IPS siswa. Hasil perhitungan uji Independent Sampel t-test diperoleh nilai sig (2-tailed) kurang dari taraf signifikansi sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Kata kunci: hasil belajar, IPS, role playing. PB - UNIVERSITAS LAMPUNG TI - PENGARUH PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SDN 2 KAMPUNG BARU AV - restricted ER -