creators_name: ANGGI HERMAWAN , 1523053004 creators_id: anggihermawan@gmail.com type: thesis datestamp: 2018-02-07 09:46:26 lastmod: 2018-02-07 09:46:26 metadata_visibility: show title: PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN TUMIJAJAR ispublished: pub subjects: LB1501 full_text_status: restricted abstract: Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan instrumen asesmen berpikir kritis pada pembelajaran tematik Sekolah Dasar siswa kelas IV yang memenuhi kriteria penulisan, memiliki validitas dan reliabilitas sebagai alat ukur. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) oleh Borg & Gall. Populasi pada penelitian ini siswa kelas IV sebanyak 132 siswa di Kecamatan Tumijajar. Sampel diambil dengan menggunakan teknik cluster sampling sebanyak 62 siswa kelas IV SD Negeri 01 Daya Asri dan 22 siswa kelas VI SD Negeri 01 Daya Murni. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan tes. Hasil rata-rata akhir dari validasi oleh ahli asesmen, materi, dan bahasa di peroleh nilai sebesar 91,61 dengan kriteria sangat baik. Hasil penelitian diperoleh adalah terwujudnya produk instrumen asesmen berpikir kritis yang sudah memenuhi kriteria kaidah penulisan, valid, dan reliabel sebagai alat ukur. Kata Kunci: instrumen berpikir kritis, pembelajaran tematik, sekolah dasar ABSTRACT The purpose of this study is to produce a critical thinking assessment instrument on the Primary Thematic learning of fourth-grade students who meet the criteria of writing, has the validity and reliability as a measuring tool. The research method used is research and development (R & D) by Borg & Gall. The population in this study are students of class IV as many as 132 students in Tumijajar District. Samples were taken using cluster sampling technique as many as 62 students of class IV SD Negeri 01 Daya Asri and 22 students of class VI SD Negeri 01 Daya Murni. Data collection techniques used were questionnaires and tests. The final average result of validation by the assessment, material, and language experts was obtained by 91.61 with very good criteria. The results obtained are the realization of critical thinking assessment instrument products that have met the criteria of writing rules, valid, and reliable as a measuring tool. Keywords: critical thinking instruments, thematic learning, elementary school date: 2018-01-19 date_type: published pages: 1523053004 institution: UNIVERSITAS LAMPUNG department: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU KEPENDIDIKAN thesis_type: masters citation: ANGGI HERMAWAN , 1523053004 (2018) PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN TUMIJAJAR. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/30189/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/30189/19/TESIS%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/30189/20/TESIS%20TANPA%20BAB%20%20PEMBAHASAN.pdf