@misc{eprints30232, month = {Januari}, title = {PENGEMBANGAN MODEL PENGENALAN AIR SEKOLAH DASAR NEGERI 01}, author = {1213051075 YOGA SEPTIA }, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN }, year = {2018}, url = {http://digilib.unila.ac.id/30232/}, abstract = {Ditinjau dari analisis kebutuhan (need asesment), ditemukan bahwa masih banyak anak usia dini yang tidak berani dan belum bisa berenang. Faktor-faktor yang melatarbelakanginya seperti (1) trauma, (2) tidak berani, (3) siswa merasa tidak tertarik untuk belajar, karena guru tidak melakukan pengenalan air terlebih dahulu. Pengembangan ini bertujuan mengembangkan suatu rancangan model latihan pengembangan pengenalan air cabang renang tingkat sekolah dasar sebagai pembaruan dalam proses pengembangan model pengenalan air dimana terdapat sepuluh model pengenalan air tingkat sekolah dasar yang telah dikaji oleh pakar renang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan ( Research and Development ) dari Borg dan Gall yang terdiri dari sepuluh langkah. Subjek penelitian ini adalah siswa SD Negeri 1 Labuhan Dalam. Model pengembangan air yang telah di evaluasi ahli, uji coba dan revisi serta divalidasi oleh para ahli melalui angket yang terdiri dari berbagai macam pertanyaan. Efektifitas produk pengembangan pengenalan air cabang renang tingkat sekolah dasar memiliki hasil 80\% dengan itu model latihan dikatakan layak untuk dipublikasikan. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa model pengenalan air cabang renang tingkat sekolah dasar efektif digunakan untuk menjadi dasar pengembangan ilmu cabang olahraga renang. Kata kunci : model pengenalan air, renang, usia dini abstract Judging from the need assessment, it was found that there are many early childhood who are not daring and can not yet swam. Factors such as (1) trauma, (2) not daring, (3) students feel not interested to learn, because the teacher did not do water introduction first. This development is purpose at developing a draft model for the development of elementary school swimming basement water recognition as an update in the process of developing a water recognition model where there are ten primary school water recognition models reviewed by swimming experts. The method used in this research is research and development (Research and Development) of Borg and Gall which consists of ten steps. The subjects of this study were students at 01 Labuhan Dalam elemtary school. Water development models that have been evaluated by experts, piloted and revised and validated by experts through a questionnaire consisting of a variety of questions. The effectiveness of the development of the introduction of elementary school swimming elementary school has 80\% results with that model of the exercise is said to be eligible for publication. Thus it can be stated that the elementary school's elementary elementary school swimming introduction model is effectively used to be the basis for the development of swimming sport science. Keywords: model water recognition, pool, early age} }