creators_name: DUTTA DARMA SETIADI, 1313053042 creators_id: dutta.darma23@gmail.com type: other datestamp: 2018-02-07 08:33:19 lastmod: 2018-02-07 08:33:19 metadata_visibility: show title: PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 METRO PUSAT ispublished: pub subjects: LB subjects: LB1501 full_text_status: restricted abstract: Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 5 Metro Pusat. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terahadap hasil belajar matematika siswa kelas V. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V dengan jumlah 34 siswa. Penentuan sampel penelitian menggunakan sampel jenuh. Alat pengumpul data menggunakan angket dan tes kognitif. Analisis data uji statistik independent sample t-test. Hasil belajar dalam penelitian ini dibatasi hanya pada ranah kognitif. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan dan positif pada penerapan model problem based learning terhadap hasil belajar matematika siswa. Kata kunci: hasil belajar, matematika, model problem based learning, date: 2017-12-19 date_type: published publisher: UNIVERSITAS LAMPUNG place_of_pub: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN citation: DUTTA DARMA SETIADI, 1313053042 (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 METRO PUSAT. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN . document_url: http://digilib.unila.ac.id/30234/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/30234/11/SKRIPSI%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/30234/12/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf