title: PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MENGGUNAKAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK MODELING PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 TULANG BAWANAG TENGAH TAHUN AJARAN 2016/2017 creator: Nevi Indah Saputri, 1213052022 subject: LB1603 Secondary Education. High schools description: Permasalahan dalam penelitian ini adalah motivasi belajar siswa rendah. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa dengan memberikan layanan konseling kelompok teknik modeling pada siswa SMP Negeri 5 Tulang bawang Tengah Tahun Ajaran 2016/2017. Metode yang digunakan adalah pre-eksperimental design dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Data diperoleh dari hasil skala yang telah diisi oleh siswa pada pretest dan posttes. Subjek penelitian terdiri dari tujuh orang siswa kelas VIII yang memiliki motivasi belajar rendah. Subjek dijaring dengan teknik purposive sampling. Data yang telah diperoleh dianalisis menggunakan statistik non parametris yaitu uji wilcoxon dan didapat nilai Z hitung < Z tabel yaitu adalah 1,866 < 2,013, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat peningkatan motivasi belajar siswa sebelum dan setelah diberikan konseling kelompok teknik modeling. Kesimpulan hasil penelitian adalah bahwa motivasi belajar dapat ditingkatkan menggunakan layanan konseling kelompok teknik modeling pada siswa kelas VIII SMPN 5 Tulang Bwang Tengah. Kata kunci: konseling kelompok, modeling, motivasi bealajar. publisher: UNIVERSITAS LAMPUNG date: 2017-11-13 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/30238/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/30238/2/SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/30238/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: Nevi Indah Saputri, 1213052022 (2017) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MENGGUNAKAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK MODELING PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 TULANG BAWANAG TENGAH TAHUN AJARAN 2016/2017. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN. relation: http://digilib.unila.ac.id/30238/