%0 Generic %A LIZA ISTIANAH, 1013021050 %C Universitas Lampung %D 2014 %F eprints:3026 %I FKIP %T EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE BERBASIS OPEN-ENDED PROBLEM DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Trimurjo Semester Genap Tahun Pelajaran 2013/2014) %U http://digilib.unila.ac.id/3026/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran kooperatif TPS berbasis Open-Ended Problem ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Desain yang digunakan adalah pretest posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Trimurjo Tahun Pelajaran 2013/2014 yang terdistribusi dalam delapan kelas, dengan sampel siswa kelas VIIID dan VIIIE yang diambil dengan teknik purposive random sampling. Data penelitian diperoleh melalui tes. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran tipe TPS dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Dengan demikian pembelajaran kooperatif TPS berbasis Open-Ended Problem efektif ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Kata kunci: berpikir kreatif matematis, open-ended problem, TPS