?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=HUBUNGAN+MOTIVASI+BELAJAR+TERHADAP+KELULUSAN+UJIAN+CBT+UKMPPD+MAHASISWA+FAKULTAS+KEDOKTERAN+UNIVERSITAS+LAMPUNG+PERIODE+NOVEMBER+2017%0D%0A&rft.creator=Yuwandita+Tamara+Putri+D%2C+1418011226&rft.subject=R+Medicine+(General)&rft.description=Latar+belakang%3A+Proses+belajar+dipengaruhi+oleh+berbagai+faktor%2C+salah+satunya+adalah+motivasi.+Salah+satu+cara+untuk+menilai+keberhasilan+belajar+adalah+dengan+melihat+kelulusan+dalam+suatu+ujian.+Uji+Kompetensi+Mahasiswa+Program+Profesi+Dokter+(UKMPPD)+merupakan+suatu+bentuk+standarisasi+bagi+mahasiswa+pendidikan+kedokteran+yang+menjadi+syarat+untuk+menyelesaikan+program+profesi+dan+mendapatkan+sertifikat+profesi+sehingga+dianggap+sangat+penting.+Terkadang+kurangnya+motivasi+dalam+belajar+pada+mahasiswa+menyebabkan+mereka+gagal+dalam+ujian.%0D%0AMetode+penelitian%3A+Penelitian+ini+adalah+penelitian+cross-sectional+yang+menggunakan+teknik+total+sampling.+Responden+merupakan+mahasiswa+Fakultas+Kedokteran+Universitas+Lampung+yang+akan+mengikuti+ujian+CBT+UKMPPD+sebanyak+97+orang%2C+namun+yang+masuk+kedalam+kriteria+inklusi+hanya+sebanyak+80+orang.+Untuk+mengukur+motivasi+belajar+responden+digunakan+kuesioner+MSLQ+(Motivated+Strategies+for+Learning+Questionnaire)+sehari+sebelum+ujian+berlangsung.+Analisis+bivariat+menggunakan+metode+Fisher.%0D%0AHasil+penelitian%3A+Pada+responden+didapatkan+motivasi+rendah+0%25%2C+motivasi+sedang+3%2C8%25%2C+dan+motivasi+tinggi+96%2C2%25.+Kelulusan+responden+didapatkan+lulus+sebanyak+85%25+dan+tidak+lulus+sebanyak+15%25.+Pada+uji+Fisher+didapatkan+hubungan+bermakna+antara+motivasi+belajar+dengan+kelulusan+ujian+CBT+UKMPPD+dengan+nilai+p%3D0%2C003+(p%3C0%2C05).%0D%0AKesimpulan%3A+Terdapat+hubungan+antara+motivasi+belajar+terhadap+kelulusan+ujian+CBT+UKMPPD+mahasiswa+Fakultas+Kedokteran+Universitas+Lampung+Periode+November+2017.%0D%0A%0D%0AKata+kunci%3A+kelulusan%2C+motivasi+belajar%2C+UKMPPD.%0D%0A&rft.publisher=UNIVERSITAS+LAMPUNG&rft.date=2018-01-30&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F30279%2F1%2F1.%2520ABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F30279%2F2%2F2.%2520SKRIPSI%2520FULL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F30279%2F3%2F3.%2520SKRIPSI%2520TANPA%2520BAB%2520PEMBASAHAN.pdf&rft.identifier=++Yuwandita+Tamara+Putri+D%2C+1418011226++(2018)+HUBUNGAN+MOTIVASI+BELAJAR+TERHADAP+KELULUSAN+UJIAN+CBT+UKMPPD+MAHASISWA+FAKULTAS+KEDOKTERAN+UNIVERSITAS+LAMPUNG+PERIODE+NOVEMBER+2017.++UNIVERSITAS+LAMPUNG%2C+FAKULTAS+KEDOKTERAN.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F30279%2F