@misc{eprints304, month = {Desember}, title = {EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN POE PADA MATERI TERMOKIMIA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN INFERENSI DAN PENGUASAAN KONSEP}, author = {PUSPITA AGUSTINA Barsani}, address = {Universitas Lampung}, publisher = {Fakultas KIP}, year = {2013}, url = {http://digilib.unila.ac.id/304/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model siklus pembela-jaran Predict-Observe-Explain (POE) pada materi termokimia dalam meningkatan keterampilan inferensi dan penguasaan konsep. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA1 SMA Gajah Mada Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2012-2013. Penelitian ini menggunakan metode Pre-Eksperimen dan desain One-Group pretest posttest. Efektivitas model pembelajaran POE diukur berdasarkan nilai n-gain. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-ratan-gain keterampilan inferensi dan penguasaan konsep masing-masing 0,59 dan 0,67. Dapat disimpul-kan bahwa pembelajaran POE pada materi termokimia efektif dalam meningkat-kan keterampilan inferensi dengan kriteria sedang dan penguasaan konsep dengan kriteria sedang. Kata kunci: Pembelajaran POE, keterampilan inferensi dan penguasaan konsep.} }