%A 1313053128 RATNA PERMATA SARI %T HUBUNGAN MOTIVASI EKSTRINSIK DARI ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 KOTA BARU BANDAR LAMPUNG %X Masalah dalam penelitian ini adalah prestasi belajar siswa masih rendah. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara motivasi ekstrinsik dari orang tua dengan prestasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 1 Kota Baru sebanyak 45 siswa yang merupakan penelitian populasi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah motivasi ekstrinsik dari orang tua (X) sedangkan variabel terikatnya adalah prestasi belajar siswa (Y). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner (angket) dan dokumentasi. Hasil dari teknik analisis data yang menggunakan rumus korelasi product moment diperoleh r hitung= 0,546 yang berarti korelasi tersebut positif. Selain itu, lebih besar dari atau 3,660 > 2,017 sehingga, H0 ditolak dan Ha yang berbunyi ada hubungan yang positif antara motivasi ekstrinsik dari orang tua dengan prestasi belajar siswa diterima. Kata kunci: motivasi ekstrinsik, orang tua, prestasi. abstract The main problem in this research is the student?s learning achievement considered still low. The research purpose is to obtain the relationship between parent?s extrinsic motivation against learning achievement of the students. Type of the research is descriptive quantitative. Population of the research is all student grade IV of elementary school SD Negeri 1 Kota Baru with 45 students as the research population. Independent Variable in this study is extrinsic motivation of parents (X) while dependent variable is the student?s learning achievement (Y). The data collection technique is using questionnaire and documentation. Result of data analysis technique uses correlation formula product moment obtaining r calculation= 0,546 which means the correlation is positive. While, is bigger than or 3,660 > 2,017 resulting, H0 rejected and Ha which described as there is a positive relationship between extrinsic motivation of the parents against the student?s learning achievement be accepted. Key Word: extrinsic motivation, parent?s, achievement. %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2018 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints30487