creators_name: Putri Mike Anita, 0913022050 creators_id: miekeap22@gmail.com type: other datestamp: 2014-08-23 04:31:59 lastmod: 2014-08-23 04:31:59 metadata_visibility: show title: ABSTRAK PENGEMBANGAN RUBRIK PENILAIAN KETERAMPILAN PROSES SAINS ispublished: pub subjects: General full_text_status: restricted abstract: Rubrik penilaian keterampilan proses sains merupakan salah satu instrumen penilaian ranah psikomotor dalam ruang lingkup evaluasi pembelajaran IPA. Namun, dalam praktiknya masih banyak guru yang belum melaksanakan penilaian keterampilan proses sains karena belum tersedianya instrumen tersebut di sekolah. Oleh karena itu, sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan guru dalam penilaian keterampilan proses sains pada pembelajaran IPA yang relevan sesuai dengan standar penilaian pendidikan, maka peneliti telah mengembangkan rubrik penilaian keterampilan proses sains. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat rubrik penilaian keterampilan proses sains. Penelitian ini telah dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2013/2014 di SMP Negeri 1 Bandar Lampung. Subjek uji coba adalah siswa kelas VIII4 SMP Negeri 1 Bandar Lampung sebanyak 25 siswa . Hasil yang diperoleh dari penelitian yang dilakukan adalah rubrik penilaian keterampilan proses sains mempunyai tingkat kepercayaan yang baik dengan nilai koefisien reliabilitas sebesar 0,802 sehingga menunjukkan rubrik layak digunakan, rubrik penilaian yang dikembangkan memenuhi syarat kemanfaatan dengan skor 3,83 yang berkriteria sangat bermanfaat, rubrik penilaian yang dikembangkan memenuhi syarat kemudahan dengan skor 3,33 yang berkriteria mudah, dan rubrik penilaian yang dikembangkan juga memenuhi syarat kemenarikan dengan skor 3,00 yang berkriteria menarik. Pengukuran keterampilan proses sains siswa dengan menggunakan rubrik penilaian keterampilan proses sains yang dikembangkan telah menunjukkan keterampilan proses sains siswa yang baik dengan hasil pengukuran yang diperoleh yaitu 56,00% siswa mencapai kategori keterampilan proses sains sangat baik, 20,00% siswa berkategori baik, dan 24,00% siswa dengan kategori cukup. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian pengembangan ini adalah dihasilkan rubrik penilaian keterampilan proses sains siswa yang dapat membantu guru dalam melakukan penilaian ranah psikomotor pada pembelajaran IPA. Kata kunci: rubrik penilaian, keterampilan proses sains, pengembangan date: 2014-08-21 date_type: published publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG institution: Universitas Lampung department: FKIP thesis_type: other citation: Putri Mike Anita, 0913022050 (2014) ABSTRAK PENGEMBANGAN RUBRIK PENILAIAN KETERAMPILAN PROSES SAINS. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/3049/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/3049/2/COVER%20DALAM.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/3049/3/COVER%20LUAR.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/3049/4/DAFTAR%20GAMBAR.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/3049/5/DAFTAR%20ISI.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/3049/6/DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/3049/7/DAFTAR%20TABEL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/3049/8/HALAMAN%20PERSETUJUAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/3049/9/HALAMAN%20PENGESAHAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/3049/10/MOTO.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/3049/11/PERNYATAAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/3049/12/PERSEMBAHAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/3049/13/RIWAYAT%20HIDUP.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/3049/14/SANWACANA.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/3049/15/BAB%20I.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/3049/16/BAB%20II.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/3049/17/BAB%20III.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/3049/18/BAB%20IV.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/3049/19/BAB%20V.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/3049/20/DAFTRA%20PUSTAKA.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/3049/21/LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf