<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . "PENGARUH PENGGUNAAN PASIR SILIKA SEBELUM DAN SESUDAH\r\nDIAKTIVASI FISIK TERHADAP PRESTASI MESIN DAN EMISI GAS\r\nBUANG SEPEDA MOTOR BENSIN 4-LANGKAH"^^ . "Pertumbuhan jumlah angkutan umum masal yang begitu pesat menjadi\r\nsalah satu permasalahan pertumbuhan kendaraan roda dua yang tak terkendali di\r\nTanah Air. Kemudian tingkat pencemaran udarapun semakin meningkat akibat\r\ngas buang hasil proses pembakaran bahan bakar dan udara pada kendaraan yang\r\nkurang sempurna. Sebagai upaya yang dilakukan untuk menghemat konsumsi\r\nbahan bakar minyak dan mereduksi emisi gas buang yaitu, dengan cara\r\nmemanfaatkan pelet pasir silika yang digunakan sebagai adsorben udara\r\npembakaran, karena sifat kandungan utama seperti SiO2, Fe2O3, Al2O3, TiO2,\r\nCaO, MgO, dan K2O, yang terdapat pada pasir silika mampu menyerap uap air\r\nyang ada di udara ketika berkontak dengan pellet pasir silika tersebut. Sehingga\r\nproses pembakaran dalam ruang bakar akan lebih sempurna karena, konsentrasi\r\nuap air pada saat masuk kedalam ruang bakar lebih sedikit dan panas awal udara\r\npembakaran yang dibutuhkan semakin meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk\r\nmelihat pengaruh sebelum dan sesudah diaktivasi fisik pelet pasir silika terhadap\r\nprestasi mesin dan emisi gas buang pada sepeda motor bensin 4-langkah.\r\nPenelitian ini dilakukan dengan beberapa parameter pengujian diantaranya\r\nadalah pengujian daya rekat pelet, pengujian konsumsi bahan bakar, akselerasi,\r\ndan emisi gas buang. Pengujian konsumsi bahan bakar dilakukan dengan dua\r\nvariasi pengujian yaitu pengujian stasioner (pada putaran mesin 1500 rpm, 3000\r\nrpm, dan 4500 rpm) dan road test (berjalan menempuh jarak 5 km dengan\r\nkecepatan rata-rata 60 km/jam), kemudian pengujian akselerasi (0-80 km/jam dan\r\n40-80 km/jam) serta pengujian emisi gas (pada putaran 1500 rpm, putaran 3500\r\nrpm, dan putaran 4500 rpm). Pelet pasir silika yang digunakan berdiameter 10 mm\r\ndan tebal 3 mm yang dikemas dengan frame berupa kawat strimin menyerupai\r\nbentuk filter udara pada kendaraan sepeda motor bensin 4-langkah Honda Supra X\r\n125 cc yang digunakan sebagai mesin uji pada penelitian ini.\r\nDari penelitian yang telah dilakukan, maka diperoleh daya rekat terbaik\r\npelet yaitu dengan perekat tapioka 3% dengan temperatur aktivasi 150°C dan\r\n200°C dimana pengurangan massa sebesar 0,01 gram. Penggunaan pasir silika\r\nternyata mampu menghemat konsumsi bahan bakar hingga 23,881% dengan\r\nperekat tapioka 3% dan 1% pada pengujian stationer putaran rendah 1500 rpm\r\ndan sebesar 13,651% dengan variasi perekat tapioka 2% dan 3% pada pengujian\r\nberjalan. Kemudian pellet pasir silika dengan perekat tapioka 3% juga mampu\r\nmeningkatkan akselerasi mesin hingga 12,45% pada 0-80 km/jam dan perekat\r\ntapioka 1% sebesar 16,27% pada 40-80 km/jam serta dapat mereduksi emisi gas\r\nbuang CO hingga 33,875%, HC hingga 56%.\r\nKata Kunci: pasir silika, pelet pasir silika, filter udara, prestasi mesin, emisi gas\r\nbuang\r\n\r\nABSTRACT\r\n\r\nThe rapid growth of mass public transportation has become one of the\r\nuncontrollable growth problems of motorcycles in the country. Then the level of\r\nair pollution is increasing due to exhaust gas fuel and air combustion process in\r\nthe less perfect vehicle. As an efforts to save fuel consumption and reduce exhaust\r\ngas emissions, namely, by utilizing pellets silica sand that is used as adsorbent\r\ncombustion air, due to the nature of the main content such as SiO2, C, Al2O3,\r\nCaO, dan Na2O, which contained in silica sand is able to absorb water vapor in the\r\nair when its contacted to that silica sand pellets. The combustion process in the\r\ncombustion chamber will be more perfect because, the concentration of water\r\nvapor at the time of entry into the combustion chamber is less and the initial heat\r\nof the required combustion air is increasing. This study aims to examine the effect\r\nbefore and after in the physical activation of silica sand pellets on engine\r\nperformance and exhaust gas emissions on 4-steps gasoline motorcycle.\r\nThis study is conducted by several testing parameters such as testing the adhesion\r\nof pellets, testing fuel consumption, acceleration, and exhaust gas emissions.\r\nTesting fuel consumption is done with two variations of testing that is stationary\r\ntesting (at 1500 rpm engine speed, 3000 rpm, and 4500 rpm) and road test (runs a\r\ndistance of 5 km with an average speed of 60 km / hour), then acceleration testing\r\n(0-80 Km / Hour and 40-80 Km / Hour) as well as exhaust gas emissions testing\r\n(at 1500 rpm rotation, 3500 rpm rotation, and 4500 rpm rotation). Silica sand\r\npellets that are used have 10 mm diameter and thickness of 3 mm which are\r\npacked with the frame in the form of wire strimin resemble with the shape of the\r\nair filter on a 4-steps gasoline motorcycle of Honda Supra X 125 cc is used as the\r\ntest machine in this study.\r\nFrom the research that is done, then it is obtained the best adhesion with 3%\r\nadhesive tapioca pellets with an activation temperature of 150°C and 200°C,\r\nwhere a mass reduction is at 0.01 grams. The use of silica sand was able to save\r\nfuel consumption up to 23.881% at low speed stationary testing of 1500 rpm and\r\namounted to 13.651% on a test run. Then the use of silica sand pellets can also\r\nincrease machine acceleration up to 13.07% in the 0-80 km / hour and 16.27% in\r\nthe 40-80 km / hour and can reduce exhaust gas emissions up to 33.875% CO, HC\r\nup to 56%.\r\nKeywords: silica sand, silica sand pellets, air filter, machine performance,\r\nexhausts gas emissions."^^ . "2018-02-08" . . . . . "FAKULTAS TEKNIK"^^ . . . . . . . "1115021068"^^ . "SANDY DWI HARDIN "^^ . "1115021068 SANDY DWI HARDIN "^^ . . . . . . "PENGARUH PENGGUNAAN PASIR SILIKA SEBELUM DAN SESUDAH\r\nDIAKTIVASI FISIK TERHADAP PRESTASI MESIN DAN EMISI GAS\r\nBUANG SEPEDA MOTOR BENSIN 4-LANGKAH (File PDF)"^^ . . . "ABSTRACT (ABSTRAK).pdf"^^ . . . "PENGARUH PENGGUNAAN PASIR SILIKA SEBELUM DAN SESUDAH\r\nDIAKTIVASI FISIK TERHADAP PRESTASI MESIN DAN EMISI GAS\r\nBUANG SEPEDA MOTOR BENSIN 4-LANGKAH (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENGARUH PENGGUNAAN PASIR SILIKA SEBELUM DAN SESUDAH\r\nDIAKTIVASI FISIK TERHADAP PRESTASI MESIN DAN EMISI GAS\r\nBUANG SEPEDA MOTOR BENSIN 4-LANGKAH (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGARUH PENGGUNAAN PASIR SILIKA SEBELUM DAN SESUDAH\r\nDIAKTIVASI FISIK TERHADAP PRESTASI MESIN DAN EMISI GAS\r\nBUANG SEPEDA MOTOR BENSIN 4-LANGKAH (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGARUH PENGGUNAAN PASIR SILIKA SEBELUM DAN SESUDAH\r\nDIAKTIVASI FISIK TERHADAP PRESTASI MESIN DAN EMISI GAS\r\nBUANG SEPEDA MOTOR BENSIN 4-LANGKAH (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGARUH PENGGUNAAN PASIR SILIKA SEBELUM DAN SESUDAH\r\nDIAKTIVASI FISIK TERHADAP PRESTASI MESIN DAN EMISI GAS\r\nBUANG SEPEDA MOTOR BENSIN 4-LANGKAH (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENGARUH PENGGUNAAN PASIR SILIKA SEBELUM DAN SESUDAH\r\nDIAKTIVASI FISIK TERHADAP PRESTASI MESIN DAN EMISI GAS\r\nBUANG SEPEDA MOTOR BENSIN 4-LANGKAH (File PDF)"^^ . . . "PENGARUH PENGGUNAAN PASIR SILIKA SEBELUM DAN SESUDAH\r\nDIAKTIVASI FISIK TERHADAP PRESTASI MESIN DAN EMISI GAS\r\nBUANG SEPEDA MOTOR BENSIN 4-LANGKAH (File PDF)"^^ . . . "SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf"^^ . . . "PENGARUH PENGGUNAAN PASIR SILIKA SEBELUM DAN SESUDAH\r\nDIAKTIVASI FISIK TERHADAP PRESTASI MESIN DAN EMISI GAS\r\nBUANG SEPEDA MOTOR BENSIN 4-LANGKAH (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH PENGGUNAAN PASIR SILIKA SEBELUM DAN SESUDAH\r\nDIAKTIVASI FISIK TERHADAP PRESTASI MESIN DAN EMISI GAS\r\nBUANG SEPEDA MOTOR BENSIN 4-LANGKAH (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH PENGGUNAAN PASIR SILIKA SEBELUM DAN SESUDAH\r\nDIAKTIVASI FISIK TERHADAP PRESTASI MESIN DAN EMISI GAS\r\nBUANG SEPEDA MOTOR BENSIN 4-LANGKAH (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH PENGGUNAAN PASIR SILIKA SEBELUM DAN SESUDAH\r\nDIAKTIVASI FISIK TERHADAP PRESTASI MESIN DAN EMISI GAS\r\nBUANG SEPEDA MOTOR BENSIN 4-LANGKAH (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH PENGGUNAAN PASIR SILIKA SEBELUM DAN SESUDAH\r\nDIAKTIVASI FISIK TERHADAP PRESTASI MESIN DAN EMISI GAS\r\nBUANG SEPEDA MOTOR BENSIN 4-LANGKAH (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH PENGGUNAAN PASIR SILIKA SEBELUM DAN SESUDAH\r\nDIAKTIVASI FISIK TERHADAP PRESTASI MESIN DAN EMISI GAS\r\nBUANG SEPEDA MOTOR BENSIN 4-LANGKAH (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENGARUH PENGGUNAAN PASIR SILIKA SEBELUM DAN SESUDAH\r\nDIAKTIVASI FISIK TERHADAP PRESTASI MESIN DAN EMISI GAS\r\nBUANG SEPEDA MOTOR BENSIN 4-LANGKAH (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGARUH PENGGUNAAN PASIR SILIKA SEBELUM DAN SESUDAH\r\nDIAKTIVASI FISIK TERHADAP PRESTASI MESIN DAN EMISI GAS\r\nBUANG SEPEDA MOTOR BENSIN 4-LANGKAH (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGARUH PENGGUNAAN PASIR SILIKA SEBELUM DAN SESUDAH\r\nDIAKTIVASI FISIK TERHADAP PRESTASI MESIN DAN EMISI GAS\r\nBUANG SEPEDA MOTOR BENSIN 4-LANGKAH (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGARUH PENGGUNAAN PASIR SILIKA SEBELUM DAN SESUDAH\r\nDIAKTIVASI FISIK TERHADAP PRESTASI MESIN DAN EMISI GAS\r\nBUANG SEPEDA MOTOR BENSIN 4-LANGKAH (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #30501 \n\nPENGARUH PENGGUNAAN PASIR SILIKA SEBELUM DAN SESUDAH \nDIAKTIVASI FISIK TERHADAP PRESTASI MESIN DAN EMISI GAS \nBUANG SEPEDA MOTOR BENSIN 4-LANGKAH\n\n" . "text/html" . . . "Teknik mesin dan mesin"@en . .