TY - THES ID - eprints30503 UR - http://digilib.unila.ac.id/30503/ A1 - NOVIA ANJAR WIDARTI, 1421011059 Y1 - 2017/12/21/ N2 - Bank Rakyat Indonesia (BRI) adalah salah satu bank milik pemerintah di Indonesia. Kantor wilayah Bandar Lampung didirikan pada urutan 19 dari seluruh wilayah Indoneisa. Tuntutan untuk dapat bekerja lebih di luar tanggung jawab (perilaku OCB) sangat diperlukan untuk pencapaian suatu perusahaan dan hal tersebut dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti kompensasi, komitmen organisasional, kepuasan kerja. Ketiga faktor itu terlihat belum berjalan dengan baik pada Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Bandar Lampung dapat terlihat dari masih banyak karyawan yang bolos dan telat bekerja, pencapaian hasil kerja yang belum maksimal dan lain sebagainya. Karena itu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk menganalisis pengaruh kompensasi, komitmen organisasional, kepuasan kerja terhadap organizational citizenship behavior pada karyawan Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Bandar Lampung. Responden dalam penelitian ini berjumlah 110 orang. Berdasarkan hasil pengujian, mendukung hipotesis bahwa kompensasi, komitmen organisasional, kepuasan kerja berpengaruh secara parsial maupun simultan terhadap organizational citizenship behavior. Saran untuk meningkatkan kinerja Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Bandar Lampung dari hasil penelitian ini yaitu perlu adanya evaluasi mengenai gaji, meningkatkan loyalitas karyawan, dukungan atasan kepada bawahan dan menciptakan sikap toleransi terhadap permasalahan yang terjadi di perusahaan. Kata Kunci: kompensasi, komitmen organisasional, kepuasan kerja, organizational citizenship behavior abstract Bank Rakyat Indonesia (BRI) is one of the state-owned banks in Indonesia. The office of Bandar Lampung was established on the order of 19 from all regions of Indonesia. The demand to work beyond responsibility (OCB behavior) is indispensable for the achievement of an enterprise and it can be influenced by factors such as compensation, organizational commitment, job satisfaction. The three factors have not seen yet to run well at Bank Rakyat Indonesia Branch Office Bandar Lampung can be seen from the many employees who skipped and late work, the achievement of work that has not been maximized and etc. Respondents in this study amounted to 110 people. Based on the test results, support the hypothesis that compensation, organizational commitment, job satisfaction affect partially or together to organizational citizenship behavior. Sugesst to improve the performance of Bank Rakyat Indonesia, Bandar Lampung Branch Office, the result of this research is necessary to evaluate salary, increase employee loyalty, support superiors to subordinates and create tolerance attitude to problem happened in company. Keywords: organizational commitment, job satisfaction, organizational citizenship behavior PB - PROGRAM PASCASARJANA MAGISTER MANAJEMEN M1 - masters TI - PENGARUH KOMPENSASI, KOMITMEN ORGANISASIONAL DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) Studi pada Karyawan PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Cabang Tanjung Karang AV - restricted ER -