%A 1313024085 SUSI ULFAH %T PENGEMBANGAN BUKU PENUNTUN PRAKTIKUM PERUBAHAN IKLIM DENGAN MODEL ARGUMENT-DRIVEN INQUIRY (ADI) UNTUK SISWA SMP/MTs KELAS VII DI KOTA BANDAR LAMPUNG %X Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan karakteristik buku penuntun praktikum perubahan iklim dengan model Argument-Driven Inquiry (ADI) untuk siswa SMP kelas VII, kondisi optimum alat, bahan, prosedur praktikum, hasil validasi ahli, praktisi, dan uji keterbacaan, serta uji keterlaksanaan. Penelitian dan pengembangan produk ini menggunakan model 4-D Thiagarajan, Semmel dan Semmel (1974) yaitu define, design, develope, dan disseminate. Akan tetapi, penelitian dilakukan sampai tahap develope. Prosedur kerja pendahuluan diawali dengan analisis kebutuhan yang terdiri dari analisis ujung depan, analisis siswa, analisis konsep, analisis tugas, dan perumusan tujuan pembelajaran. Sedangkan tahap pengembangan yaitu berupa penyusunan draft produk. Penelitian ini menggunakan empat macam data, yaitu: (1) hasil validasi penuntun praktikum, (2) hasil angket respon guru dan siswa, (3) optimasi penuntun praktikum, (4) hasil observasi keterlaksanaan penuntun praktikum. Instrumen pengambilan data berupa instrumen validasi, angket keterbacaan siswa, dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif. Karakteristik menggunakan model ADI khususnya LKP meliputi identitas siswa, judul praktikum, dasar teori, tujuan, pertanyaan, alat, bahan, langkah kerja, argumentasi pada papan tulis (claim, data, warrant, dan backing). Hasil validasi ahli memiliki persentase rata-rata 97% dan validasi praktisi memiliki persentase 96% dengan kriteria ?Baik Sekali?. Hasil uji keterbacaan terhadap buku penuntun praktikum oleh siswa memiliki persentase rata-rata 99% dengan kriteria ?Baik Sekali?. Hasil optimasi untuk masing-masing percobaan memperoleh skor 3 dan 4 Keterlaksanaan praktikum pengaruh gas rumah kaca terhadap suhu bumi dan pengaruh luas lapisan es di kutub terhadap populasi beruang kutub mendapat persentase rata-rata 95% dengan kriteria ?Hampir Seluruh Kegiatan Terlaksana?, menanam pohon memperoleh persentase rata-rata 97% dengan kriteria ?Hampir Seluruh Kegiatan Terlaksana?. Kata Kunci : pengembangan, buku penuntun praktikum, Argument-Driven Inquiry (ADI), perubahan iklim, gas rumah kaca %C FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %D 2018 %I UNIVERSITAS LAMPUNG %L eprints30520