%0 Generic %A YANNA KRISTINA NAINGGOLAN, 1213023081 %C FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %D 2018 %F eprints:30659 %I UNIVERSITAS LAMPUNG %T PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR LANCAR SISWA PADA MATERI ASAM BASA %U http://digilib.unila.ac.id/30659/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kepraktisan, keefektivan, dan ukuran pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dalam meningkatkan kemampuan berpikir lancar pada materi asam basa. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimen dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 12 Bandarlampung yang berjumlah ±150 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 3 yang terdiri dari 36 siswa. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran inluiri terbimbing praktis dalam meningkatkan kemampuan berpikir lancar pada materi asam basa, ditunjukkan dengan rata-rata persentase keterlaksanaan RPP dan respon siswa berkategori “sangat tinggi”. Model pembelajaran inkuiri terbimbing efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir lancar pada materi asam basa, ditunjukkan melalui aktivitas siswa yang relevan dalam pembelajaran dan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran berkategori “sangat tinggi”, serta peningkatan nilai pretes-postes (n-Gain) pada kelas XI IPA 3 kriteria “sedang”. Model pembelajaran inkuiri terbimbing memiliki ukuran pengaruh yang “besar” dalam meningkatkan kemampuan berpikir lancar pada materi asam basa. Berdasarkan deskripsi tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing praktis, efektif, dan memiliki ukuran pengaruh yang besar dalam meningkatkan kemampuan berpikir lancar pada materi asam basa. Kata kunci: inkuiri terbimbing, kemampuan berpikir kreatif, asam basa