TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints30679 UR - http://digilib.unila.ac.id/30679/ A1 - RIZKA DWI SEPTIANI , 1343021016 Y1 - 2018/02/15/ N2 - Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model discovery learning ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 23 Bandarlampung tahun pelajaran 2017/2018 yang terdistribusi dalam 10 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dan terplih pada siswa kelas VII-B dan VII-D sebagai sampel. Desain penelitian ini adalah pretest-posttest control group design. Analisis data yang digunakan uji Man- Whitney U dan uji proporsi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa pembelajaran dengan menggunakan model discovery learning tidak efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Kata kunci: efektivitas, pembelajaran discovery learning, pemecahan masalah matematis PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII Semester Ganjil SMP Negeri 23 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2017/2018) AV - restricted ER -