title: EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI ASAM-BASA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGELOMPOKKAN DAN PENCAPAIAN KOMPETENSI creator: Mastur, Ria Afriyanti subject: L Education (General) = Pendidikan subject: QD Chemistry description: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi asam-basa dalam meningkatkan keterampilan mengelompokkan dan pencapaian kompetensi. Penelitian ini menggunakan metode Pre-experimental dengan one-group pretest-posttest design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA1 SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung semester genap tahun Pelajaran 2012-2013. Efektivitas model pem-belajaran inkuiri terbimbing ditunjukkan oleh peningkatan nilai pretest dan posttest yang dilihat dari rata-rata nilai n-Gain dan ketuntasan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai n-Gain keterampilan mengelompokkan dan pencapaian kompetensi adalah 0,61 dan 0,54, sedangkan persentase ketuntasan hasil belajar pencapaian kompetensi mencapai KKM sebesar 75,86%. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi asam-basa efektif dalam meningkatkan keterampilan mengelompokkan dan pencapaian kompetensi dengan kriteria sedang. Kata kunci: Inkuiri terbimbing, keterampilan mengelompokkan, pencapaian kompetensi. publisher: Fakultas KIP date: 2013-12-23 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/307/1/3.%20COVER%20DALAM.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/307/2/2.%20ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/307/3/4.%20LEMBAR%20PERSETUJUAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/307/4/6.%20LEMBAR%20PERNYATAAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/307/5/11.%20DAFTAR%20ISI.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/307/6/BAB%201.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/307/7/BAB%202.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/307/8/BAB%203.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/307/9/BAB%204.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/307/10/BAB%205.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/307/11/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf format: archive identifier: http://digilib.unila.ac.id/307/12/3.%20LAMPIRAN.zip identifier: Mastur, Ria Afriyanti (2013) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI ASAM-BASA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGELOMPOKKAN DAN PENCAPAIAN KOMPETENSI. Fakultas KIP, Universitas Lampung. relation: http://digilib.unila.ac.id/307/