%0 Generic %A Mastur, Ria Afriyanti %C Universitas Lampung %D 2013 %F eprints:307 %I Fakultas KIP %T EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI ASAM-BASA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGELOMPOKKAN DAN PENCAPAIAN KOMPETENSI %U http://digilib.unila.ac.id/307/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi asam-basa dalam meningkatkan keterampilan mengelompokkan dan pencapaian kompetensi. Penelitian ini menggunakan metode Pre-experimental dengan one-group pretest-posttest design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA1 SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung semester genap tahun Pelajaran 2012-2013. Efektivitas model pem-belajaran inkuiri terbimbing ditunjukkan oleh peningkatan nilai pretest dan posttest yang dilihat dari rata-rata nilai n-Gain dan ketuntasan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai n-Gain keterampilan mengelompokkan dan pencapaian kompetensi adalah 0,61 dan 0,54, sedangkan persentase ketuntasan hasil belajar pencapaian kompetensi mencapai KKM sebesar 75,86%. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi asam-basa efektif dalam meningkatkan keterampilan mengelompokkan dan pencapaian kompetensi dengan kriteria sedang. Kata kunci: Inkuiri terbimbing, keterampilan mengelompokkan, pencapaian kompetensi.