title: PENINGKATKAN REGULASI DIRI DALAM BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK PEKERJAAN RUMAH PADA SISWA KELAS VII SMP IT NURIL ILMI AINI BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018 creator: LISA SASMITA, 1313052035 subject: LB Theory and practice of education description: Masalah penelitian ini adalah regulasi diri dalam belajar yang rendah. Permasalahan penelitian adalah “Apakah regulasi diri dalam belajar dapat ditingkatkan melalui layanan konseling kelompok teknik pekerjaan rumah”. Tujuan penelitian untuk mengetahui bahwa adanya peningkatan regulasi diri dalam belajar melalui layanan konseling kelompok teknik pekerjaan rumah pada siswa kelas VII. Metode penelitian ini adalah metode pre eksperiment dengan desain one-group pretest-posttest design. Subjek penelitian sebanyak 6 siswa kelas VII yang memiliki regulasi diri dalam belajar rendah dan sedang. Teknik pengumpulan data menggunakan skala regulasi diri dalam belajar. Hasil analisis data menggunakan uji wilcoxon, diperoleh hasil Zhitung = - 2,226 hasilnya kurang dari Ztabel = 1,645 maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya ternyata terdapat peningkatan yang signifikan pada regulasi diri dalam belajar sebelum dan sesudah diberikan konseling kelompok dengan teknik pekerjaan rumah. Hasil analisis juga memperlihatkan peningkatan sebesar 11,9%. Kata kunci: regulasi diri dalam belajar, konseling kelompok, pekerjaan rumah. publisher: UNIVERSITAS LAMPUNG date: 2018-02-09 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/30730/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/30730/19/SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/30730/20/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: LISA SASMITA, 1313052035 (2018) PENINGKATKAN REGULASI DIRI DALAM BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK PEKERJAAN RUMAH PADA SISWA KELAS VII SMP IT NURIL ILMI AINI BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN . relation: http://digilib.unila.ac.id/30730/