TY - GEN CY - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN ID - eprints30731 UR - http://digilib.unila.ac.id/30731/ A1 - SINDY ELISVI, 1313052053 Y1 - 2018/02/12/ N2 - Masalah penelitian ini adalah rendahnya manajemen diri dalam belajar siswa di sekolah. Permasalahan penelitian adalah ?apakah manajemen diri dalam belajar siswa kelas VIII dapat ditingkatkan menggunakan layanan bimbingan kelompok di SMP IT Nurul Ilmi Ain?? Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan manajemen diri dalam belajar siswa kelas VIII menggunakan layanan bimbingan kelompok. Metode penelitian adalah metode pre ekperimen one group pretestpostest design. Subjek penelitian sebanyak 6 orang siswa yang memiliki manajemen diri dalam belajar yang rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi manajemen diri dalam belajar. Hasil analisis data menggunakan uji Wilcoxon, diperoleh hasil - 2,207. Didapat hasil kurang dari 0,05 (-2,207 <0,05) maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya, ternyata terdapat peningkatan yang signifikan pada manajemen diri dalam belajar sebelum dan sesudah diberikan bimbingan kelompok. Hasil analisis juga memperlihatkan peningkatan sebesar 21%. Kata kunci: Bimbingan kelompok, manajemen diri dalam belajar. PB - UNIVERSITAS LAMPUNG TI - PENGGUNAAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN MANAJEMEN DIRI DALAM BELAJAR PADA KELAS VIII SMP IT NURUL ILMI AINI BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018 AV - restricted ER -