@misc{eprints3076, month = {Agustus}, title = {STUDI DESKRIPTIF TENTANG PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN ILMIAH BERDASARKAN KURIKULUM SD 2013 PADA SEKOLAH DASAR DI KOTA BANDAR LAMPUNG }, author = {1013053026 Tanti Taryanti}, address = {Universitas Lampung}, publisher = {FKIP}, year = {2014}, url = {http://digilib.unila.ac.id/3076/}, abstract = {ABSTRAK STUDI DESKRIPTIF TENTANG PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN ILMIAH BERDASARKAN KURIKULUM SD 2013 PADA SEKOLAH DASAR DI KOTA BANDAR LAMPUNG Oleh Tanti Taryanti Penelitian ini berfokus pada penerapan pembelajaran berbasis pendekatan ilmiah berdasarkan kurikulum SD 2013 pada Sekolah Dasar di Kota Bandar Lampung. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan tentang perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran berbasis pendekatan ilmiah meliputi kegiatan mengamati, kegiatan menanya, kegiatan mengumpulkan dan mengasosiasikan serta kegiatan mengkomunikasikan hasil. Penelitian ini dilaksanakan di empat Sekolah Dasar di Kota Bandar Lampung yang sudah menerapkan kurikulum 2013 yang terdiri dari SD Negeri 2 Labuhan Ratu, SD Negeri 1 Pengajaran, SD Negeri 1 Surabaya dan SD Negeri 3 Sawah Lama. Penelitian ini dianalisa menggunakan teknik analisis data campuran Kuantitatif-kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan yang dibuat guru umumnya sudah baik, meski hanya sekedar tuntutan administrasi karena perencanaan pembelajaran yang dibuat guru hanya mengutip dari buku panduan guru, namun implementasi pembelajaran berbasis pendekatan ilmiah belum dilaksanakan sebagaimana yang dituntut dalam kurikulum 2013 terutama dalam pelaksanaan kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan dan mengasosiasikan serta mengkomunikasikan hasil. Kata kunci: Pembelajaran berbasis pendekatan ilmiah. } }