TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints3082 UR - http://digilib.unila.ac.id/3082/ A1 - Maryeni, 1013053017 Y1 - 2014/08/22/ N2 - Penelitian ini berfokus pada tingkat pemahaman guru sekolah dasar kelas IV tentang pembelajaran terpadu pada kurikulum 2013 di Kota Bandar Lampung. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat pemahaman guru tentang pembelajaran terpadu yang meliputi aspek konsep pembelajaran terpadu dan aspek prosedur pembelajaran terpadu yang meliputi penyusunan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan metode kombinasi dengan desain penelitian Sequential Explonatory. Populasi penelitian ini 18 sekolah dasar yang sudah mengimplementasikan kurikulum 2013 dengan 52 guru. Teknik pengambilan sampel adalah Purposive Sampling, sehingga jumlah sampel penelitian ini 9 sekolah dasar dengan 30 guru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 15 guru atau (50,00%) cukup memahami aspek konsep pembelajaran terpadu, 12 guru atau (40,00%) memahami aspek prosedur penyusunan perencanaan pembelajaran terpadu, 15 guru atau (50,00%) cukup memahami aspek pelaksanaan pembelajaran terpadu, 22 guru atau (73,33%) kurang memahami aspek prosedur evaluasi pembelajaran terpadu dan secara keseluruhan guru cenderung kurang memahami tentang pembelajaran terpadu pada aspek evaluasi pembelajaran terpadu. Kata kunci: Pemahaman guru, Pembelajaran terpadu PB - FKIP TI - ANALISIS TINGKAT PEMAHAMAN GURU SEKOLAH DASAR TENTANG PEMBELAJARAN TERPADU PADA KURIKULUM 2013 DI KOTA BANDAR LAMPUNG AV - restricted ER -