@misc{eprints30830, month = {Februari}, title = {Perilaku Oksidasi Ferro Cast Ductile (FCD) 40 yang Dilapisi Al-7wt.\%Si dengan Metode Celup Panas pada Temperatur 750 ?C }, author = { 1215021065 ALDI RIZALDI}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS TEKNIK}, year = {2018}, url = {http://digilib.unila.ac.id/30830/}, abstract = {Besi cor liat tipe 40 (Ferro cast ductile/FCD40) merupakan besi cor yang banyak digunakan untuk exhaust manifold dan blok silinder pada komponen mesin mobil. Degradasi kemampuan besi cor melalui proses oksidasi terjadi, apabila komponen mesin beroperasi pada kondisi temperatur tinggi. Untuk meningkatkan ketahanan oksidasi komponen yang berbahan dasar besi cor pada temperatur tinggi, metode yang sesuai adalah dengan cara mencelupkan besi cor ke dalam bak yang berisi Al-7\%Si pada temperatur 700?C selama 2 menit. Besi cor yang dilapisi dan tidak dilapisi dioksidasi pada temperatur 750 ?C dalam kondisi isotermal selama periode 1-64 jam. Fasa Fe2Al5 dan FeAl2 dan retakan terbentuk pada lapisan intermetalik selama proses oksidasi. Meskipun retak terbentuk, namun ketahannan oksidasi besi cor lapis Al-7\%Si dapat ditingkatkan secara signifikan pada temperatur 750 ?C. Hasil kinetika oksidasi (mg/cm2) terhadap waktu oksidasi (jam) mengikuti tren kurva parabolik. Nilai konstanta laju parabolik (kp) FCD yang dilapisi sebesar 3.18 {$\times$} 10-11 g2 cm-4 s-1 dan nilai kp FCD yang tidak dilapisi sebesar 2.59 {$\times$} 10-9 g2 cm-4 s-1. Berdasarkan nilai kp menunjukkan bahwa nilai kp FCD yang dilapisi menurun menurun sebesar dua orde dibandingkan nilai kp besi cor yang tidak dilapisi. Ini menunjukkan bahwa pelapisan celup panas Al-7\%Si pada FCD 40 terbukti dapat meningkatkan ketahanan oksidasi dari besi cor. Kata Kunci: Besi cor liat tipe 40, oksidasi temperatur tinggi, pelapisan Al-7\%Si celup panas, kinetika oksidasi, konstanta laju parabolic ABSTRACT A ductile cast iron type 40 (FCD 40) is widely used as an engineering material for an exhaust manifold and a cylinder block on engine components of car. Degradation of the cast iron ability due to an oxidation process occurred, when the engine components subjected to a high temperature working. In order to increase the oxidation resistance of the component material of cast iron at a higher temperature, suitable method is by hot-dipping the cast iron into a molten Al-7\%Si bath at 700 ?C for 2 minutes. The coated- and uncoated-cast iron were oxidized at 750 ? C in an isothermal conditions for a periods of 1-64 h. The Fe2Al5 and FeAl2 phases and cracks were formed in the intermetallic layer during oxidation periods. Although cracks were formed but the oxidation of cast iron with an Al-7\%Si coating was significantly increased at 750 ? C. The oxidation kinetics (mg/cm2) results with respect to the oxidation time (h) follow a parabolic trend curves. The parabolic rate constant (kp) of the coated-FCD was 3.18 {$\times$} 10-11 g2 cm-4 s-1 and the value of kp of the uncoated-FCD was 2.59 {$\times$} 10-9 g2 cm-4 s-1. According to the value of kp showed the kp of coated-FCD was decreased to two orders lower than that of the kp of uncoated-FCD. It indicates that the hot-dip Al-7\%Si coating on a FCD 40 can be experimentally proved an increasing in the oxidation resistance of the cast iron. Keywords: ductile cast iron type 40, high temperature oxidation, hot dip Al-7\%Si coating, intermetallic layer, oxidation resistance } }