TY - THES ID - eprints30837 UR - http://digilib.unila.ac.id/30837/ A1 - DIANA PUSPITA SARI, 1523021022 Y1 - 2018/02/22/ N2 - LKPD dikembangkan untuk menemukan suatu konsep secara mandiri dengan permasalahan yang harus dipecahkan oleh siswa. Agar memperoleh LKPD yang sesuai dengan kebutuhan, maka LKPD harus dikembangkan melalui pendekatan pembelajaran yang dapat memfasilitasi kemampuan berpikir kritis siswa. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah mengembangkan LKPD berbasis inkuiri terbimbing yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Prosedur penelitian dan pengembangan ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang melalui tujuh tahapan. Instrumen yang digunakan adalah instrumen non tes berupa lembar angket validasi oleh ahli media dan materi serta respon guru dan siswa yang berturut-turut untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan LKPD. Sedangkan instrumen tes berupa lembar uji kemampuan berpikir kritis untuk mengetahui keefektifan LKPD. Hasil analisis data skor validasi oleh ahli materi dan media diperoleh rerata berturut-turut sebesar 3,92 dan 3,72 dengan kategori sangat baik. Hasil analisis data skor kepraktisan oleh guru dan siswa menunjukkan kategori sangat baik pula diperoleh rerata berturut-turut sebesar 3,42 dan 3,52. Hasil analisis data kemampuan berpikir kritis siswa diketahui bahwa rerata skor kemampuan akhir berpikir kritis siswa lebih dari skor awal kemampuan berpikir kritis siswa dan nilai gain menunjukkan rata-rata gain skor sebesar 0,55 dengan kategori sedang, serta effect size kuat sebesar 2,69. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan yakni LKPD berbasis inkuiri terbimbing valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Kata kunci : berpikir kritis, LKPD, inkuiri terbimbing ABSTRACT Students worksheet developed to find a concept independently with the problems that students must solve. In order to obtain the appropriate LKPD which needs, so the worksheet must be developed through a learning approaches that can facilitate students' critical thinking skills. The purpose of this research and development is aims to develop the students worksheet based on guided inquiry learning for valid, practical, and effective to improve students' critical thinking skills. This research and development procedure used Borg and Gall's development model through seven steps. The instrument that used is non test instrument. It is validation questionnaire by media and material expert, and teacher and student response in a row to know the validity and practicality of the students worksheet. The test instrument of critical thinking skills did by students to determine the effectiveness of the worksheet. Data analysis of average validation score by material and media experts was 3,92 and 3,72 in very good category. Data analysis of the average score of practicality by teachers and students showed very good category was 3.42 and 3.52. The result of the test data of students' critical thinking skills is known that the mean post test is higher than pre test and the gain value showed the average gain score of 0.55 in the medium category, and also the value effect size was 2,69 in strong category . Thus it can be concluded that the product developed is students worksheet based on guided inquiry is valid, practical, and effective to improve the ability of critical thinking. Keywords: critical thinking, LKPD, guided inquiry PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN M1 - masters TI - PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MADRASAH TSANAWIYAH AV - restricted ER -