%0 Generic %A Yayu Zuliantini, 1343052013 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2018 %F eprints:30841 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII DI SMP PGRI 1 KETAPANG BAKAUHENI TAHUN PELAJARAN 2017/2018 %U http://digilib.unila.ac.id/30841/ %X Masalah dalam penelitian ini adalah prestasi belajar siswa masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan prestasi belajar pada siswa kelas VIII di SMP PGRI 1 Ketapang Bakauheni Tahun Ajaran 2017/2018. Populasi penelitian sebanyak 240 siswa dan sampel berjumlah 133 siswa yang ditentukan dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket pola asuh orang tua dan dokumentasi nilai raport untuk prestasi belajar. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan 1) tidak terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua otoritarian dengan prestasi belajar yang ditunjukkan nilai rhitung = 0,316 < rtabel = 0,333 , 2) terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua otoritatif dengan prestasi belajar siswa yang ditunjukkan nilai 0,503 > rtabel = 0,304 , 3) tidak terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua mengabaikan dengan prestasi belajar siswa yang ditunjukkan nilai = 0,304 < rtabel = 0,349, 4) tidak terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua menuruti dengan prestasi belajar siswa yang ditunjukkan nilai = 0,301 < rtabel = 0,349. Kesimpulan hasil penelitian ini yaitu pola asuh orang tua otoritatif dengan prestasi belajar memiliki hubungan yang signifikan sedangkan pola asuh orang tua otoritarian, menuruti, dan mengabaikan tidak memiliki hubungan yang signifikan dengan prestasi belajar. Kata kunci: Bimbingan dan Konseling, Pola Asuh Orang tua, Prestasi Belajar