%0 Generic %A Hartati, 1216031045 %C FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK %D 2018 %F eprints:30854 %I UNIVERSITAS LAMPUNG %T REPRESENTASI PROFESIONALISME INDIVIDU DALAM LINKEDIN (STUDI PADA ALUMNI XL FUTURE LEADERS BATCH 3) %U http://digilib.unila.ac.id/30854/ %X Perkembangan teknologi telah mengubah cara manusia berkomunikasi dan mengantarkan manusia pada era media baru. Hal ini juga berdampak pada kalangan profesional khususnya dalam hal menunjukkan profesionalisme diri secara digital. Salah satu platform yang mampu memfasilitasi hal ini adalah LinkedIn. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bentuk representasi profesionalisme alumni XL Future Leaders Batch 3 dalam LinkedIn, (2) mengetahui bentuk kognisi dan konteks sosial alumni XL Future Leaders Batch 3 sebagai pemilik akun terhadap wacana profesionalisme. Tipe penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, menggunakan analisis wacana Teun A Van Dijk. dengan Teori Presentasi Diri Erving Goffman. Inti analisis Van Dijk adalah menggabungkan tiga dimensi wacana yaitu, konteks sosial, kognisi sosial dan teks ke dalam kesatuan analisis. Sedangkan, teori Presentasi Diri Erving Goffman menyatakan bahwa individu berlaku layaknya aktor, mempresentasikan dirinya kepada orang lain untuk mencapai citra diri yang diharapkan. Subyek penelitian adalah 5 orang alumni XL Future Leaders Batch 3, yang berasal dari 5 perusahaan berbeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profesionalisme alumni XL Future Leaders Batch 3 direpresentasikan dalam profil LinkedIn melalui: foto, latar belakang pendidikan dan perusahaan, penjelasan pada fitur pengalaman, penggunaan gaya bahasa formal dan Bahasa Inggris, serta lampiran; perihal kognisi dan konteks sosial individu ditemukan bahwa: alasan individu menggunakan LinkedIn adalah untuk menunjang profesionalismenya dan memperluas jaringan, LinkedIn benar memberikan keuntungan dalam memperluas jaringan, dan pengalaman pendidikan maupun kerja, pencapaian dan kompetensi informan benar mempengaruhi profesionalismenya. Kata Kunci : Media Baru, LinkedIn, Profesionalisme abstract The development of technology has changed the way people communicate and led us to new media era. It has also influenced to the professionals especially on how they show off their professionalism on digital ways. One of platforms which can facilitate this thing is LinkedIn. The purpose of this research was (1) to find the representation of professionalism of XL Future Leaders Batch 3 alumni on LinkedIn, (2) to find the social cognition and social context of XL Future Leaders Batch 3 alumni as the owners of the accounts toward professionalism. The type of this research was qualitative descriptive, using critical discourse analysis with Teun A. Van Dijk model, and Self Presentation by Erving Goffman as the theory. Van Dijk combined 3 dimensions which were: social context, social cognition and text, into an analysis unit. Meanwhile, the self-presentation theory stated that individual acted like an actor, presenting themselves to others in order to achieve certain expected images. The subjects of this research were 5 informants from XL Future Leaders Batch 3 alumni, from different companies. The result of this research showed that professionalism of XL Future Leaders Batch 3 alumni was represented through: the photos, the educational and working background, the details on experience features, the use of formal language and English, and the attachments; related to social cognition and social context of individual, it showed that: the reasons why they use LinkedIn were to support their professionalism and to enlarge their connections, LinkedIn indeed gave benefit in enlarging one’s connection, and the educational and working experiences, indeed achievements and competences of informants also influenced their professionalism. Key words: New Media, LinkedIn, Professionalism.