creators_name: RINI RAHMA DIANTI, 1623053013 creators_id: rinirahmadianti@gmail.com type: thesis datestamp: 2018-04-09 02:09:05 lastmod: 2018-04-09 02:09:05 metadata_visibility: show title: PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS V SD ispublished: pub subjects: LB1501 full_text_status: restricted abstract: Penelitian pengembangan ini bertujuan terwujudnya pengembangan LKPD berbasis model CTL, mengetahui pengaruh berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan pengembangan LKPD berbasis model CTL. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembagan (Research and Development) dengan menggunakan langkah - langkah penelitian menurut Borg and Gall. Populasi dalam penelitian ini adalah Sekolah Dasar yang ada di Kecamatan Labuhan Ratu dan sampel penelitiannya adalah SD negeri 2 Labuhan Ratu. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan 5 cara yaitu dokumentasi, observasi, lembar validasi ahli, angket analisis kebutuhan, dan tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa LKPD yang dikembangkan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik yang telah dianalisis menggunakan uji-t dan regresi. Kata Kunci: pengembangan LKPD, model CTL, berpikir kritis. ABSTRACT This development research aims to realize the development of LKPD based on CTL model, to know the influence of critical thinking and learning result of learners by using LKPD development based on CTL model. The research method used is research development (Development and Development) by using research steps according to Borg and Gall. The population in this research is elementary school in Labuhan Ratu sub district and research sample is SD Negeri 2 Labuhan Ratu. Data collection techniques in this study were conducted with 5 ways of documentation, observation, expert validation sheet, questionnaire needs analysis, and tests. The results showed that LKPD developed to improve the ability of critical thinking and learning outcomes of learners who have been analyzed using t-test and regression. Keywords : worksheet development, CTL model, critical thinking date: 2018-03-21 date_type: published pages: 1623053013 institution: PROGRAM MAGISTER KEGURUAN GURU SEKOLAH DASAR department: UNIVERSITAS LAMPUNG thesis_type: masters citation: RINI RAHMA DIANTI, 1623053013 (2018) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS V SD. Masters thesis, PROGRAM MAGISTER KEGURUAN GURU SEKOLAH DASAR. document_url: http://digilib.unila.ac.id/30890/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/30890/2/TESIS%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/30890/3/TESIS%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf