%0 Generic %A SISTARI, 1413034062 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2018 %F eprints:30931 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENERAPAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VII SMP XAVERIUS GUNUNG BATIN TERUSAN NUNYAI KABUPATEN LAMPUNG TENGAH TAHUN PELAJARAN 2017/2018 %U http://digilib.unila.ac.id/30931/ %X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS Terpadu siswa melalui penggunaan metode pembelajaran mind mapping. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VII SMP Xaverius Gunung Batin Terusan Nunyai Kabupaten Lampung Tengah. Penelitian ini dilakukan dengan tiga siklus, masing-masing siklus terdiri dari satu pertemuan. Objek penelitian adalah metode mind mapping untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Pengumpulan data diperoleh melalui obervasi dan tes. Analisis data menggunakan deskriptif. Pada saat observasi sebelum diberikan tindakan siswa yang aktif sebesar 14,29%, kemudian mulai diberikan tindakan siklus I siswa yang aktif sebesar 21,42%, pada siklus II sebesar 38,46%, dan pada siklus III meningkat sebesar 71,42%. Penerapan metode mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa hal ini terlihat pada saat observasi sebelum diberikan tindakan nilai tuntas belajar siswa sebesar 35,71%, kemudian mulai diberikan tindakan siklus I nilai tuntas belajar siswa sebesar 14,29%, pada siklus II sebesar 38,46%, dan pada siklus III meningkat sebesar 64,29%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan metode mind mapping dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VII SMP Xaverius Gunung Batin Terusan Nunyai Kabupaten Lampung Tengah. Berdasarkan hasil pembahasan penelitian tersebut, maka disarankan kepada guru dan calon guru IPS untuk sesekali menerapkan metode mind mapping di kelas. Kata kunci: aktivitas belajar, hasil belajar, mind mapping THE IMPLEMENTATION OF MIND MAPPING METHOD TO IMPROVE STUDENTS' LEARNING ACTIVITIES AND LEARNING OUTCOMES ON INTEGRATED SOCIAL STUDIES OF GRADE VII JUNIOR HIGH SCHOOL XAVERIUS GUNUNG BATIN TERUSAN NUNYAI - CENTRAL LAMPUNG REGENCY – ACADEMIC YEAR OF 2017/2018 This study aims to improve students' activities and learning outcomes on Integrated Social Studies through the use of mind mapping learning method. The method used is classroom action research. The subjects of the study consisted of students of grade VII JHS Xaverius Gunung Batin Terusan Nunyai Central Lampung Regency. This study was conducted with three cycles, each cycle consisted of one meeting. The object of the research is mind mapping method to improve students' learning activities and learning outcomes. The data collection was obtained through observation and tests. The data analysis was done using analytic desribe. On observation before treatment is given active students’ of 14,29%, and then treatment in the first cycle active students’ of 21,42%, in the second cycle 38,46%, and gain in cycle III of 71,42%. The implementation of mind mapping method could improve students' learning outcomes as seen from the gain of learning outcomes before treatment is given cycle 35,71% and then treatment in the first cycle of 14.29%, in the second cycle of 38.46%, and gain in cycle III of 64.29%. The results concluded that mind mapping method could improve students' activities and learning outcomes on Integrated Social Studies of grade VII Junior High School Xaverius Gunung Batin Terusan Nunyai - Central Lampung regency. Based on the results and the discussion of the research, it is suggested that teachers and prospective teachers of Social Studies in particular, for once in a while implementing mind mapping the class. Keywords: learning activities, learning outcomes, mind mapping