TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints3094 UR - http://digilib.unila.ac.id/3094/ A1 - MEI ISNAWATI, 1113109026 Y1 - 2014/08/23/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA melalui model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture di SD Negeri Pulau Pahawang Kecamatan Pundu Pedada Kabupaten Pesawaran. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Pengumpulan data menggunakan instrumen berupa lembar pengamatan siswa, kinerja guru pada proses pembelajaran, untuk mengetahui hasil belajar menggunakan tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA. Hal ini ditunjukan data dimana pada siklus I pertemuan ke-1 rata-rata aktivitas belajar siswa 53% dan pada pertemuan ke-2 meningkat menjadi 63%. Sedangkan pada siklus II pertemuan ke-1 aktivitas siswa meningkat menjadi 75% dan pertemuan ke-2 aktivitas siswa 90%. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I, sebesar 67,50 sedangkan pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 79,47. Hasil belajar yang diperoleh pada siklus II ini sudah memenuhi indikator keberhasilan yang diharapkan. Kata Kunci: Kooperatif Picture and picture, Aktivitas, Hasil Belajar. PB - FKIP TI - PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF PICTURE AND PICTURE KELAS IV SDN PULAU PAHAWANG KECAMATAN PUNDUH PEDADA KABUPATEN PESAWARAN TP 2013/2014 AV - restricted ER -