%0 Generic %A Ali, Rina Agustia %C Universitas Lampung %D 2013 %F eprints:310 %I Fakultas KIP %T EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGELOMPOKKAN DAN PENGUASAAN KONSEP PADA MATERI POKOK HIDROKARBON %U http://digilib.unila.ac.id/310/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing dalam meningkatkan keterampilan mengelompokkan dan penguasaan kon-sep pada materi hidrokarbon. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MA Negeri 1 Bandar Lampung semester genap T.A. 2011-2012 dengan kelas X7 dan X8 sebagai sampel. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non Equivalent Control Group Design. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan uji perbedaan dua rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan nilai rerata n-Gain keterampilan mengelompokkan kelas kontrol dan kelas eksperimen adalah 0,42 dan 0,80. Sedangkan rerata n-Gain penguasaan konsep kelas kontrol dan eksperimen adalah 0,22 dan 0,55. Berdasarkan pengujian hipotesis, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi hidrokarbon efektif dalam meningkatkan keterampilan mengelompokkan dan penguasaan konsep. Kata kunci : Pembelajaran inkuiri terbimbing, keterampilan mengelompokkan, penguasaan konsep