%A Pratiwi Gadis %T DESKRIPSI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN %X Kemampuan pemecahan masalah adalah salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh siswa sekolah menengah pertama (SMP). Pelajaran IPA khususnya Biologi merupakan pelajaran yang membutuhkan suatu kemampuan siswa dalam memecahkan masalah. Bagi siswa, kemampuan pemecahan masalah sangat diperlukan karena akan digunakan ketika terjun langsung di masyarakat. Siswa yang memiliki kemampuan pemecahan masalah diharapkan mampu menghadapi dan menyelesaikan masalah hidupnya sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa pada konsep pencemaran lingkungan. Desain yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif sederhana. Metode sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling sehingga sebanyak 169 orang siswa kelas VII 1-VII 5 SMP Negeri 3 Pringsewu diambil sebagai Gadis Pratiwi subjek penelitian. Data penelitian berupa data kualitatif berupa kemampuan pemecahan masalah siswa pada konsep pencemaran lingkungan yang diperoleh dari jawaban soal tes siswa, lembar observasi dan dokumentasi yang dianalisis secara deskriptif. Hasil analisis data menunjukan bahwa siswa kelas VII 1-VII 5 SMP Negeri 3 Pringsewu memiliki kemampuan pemecahan masalah dengan kriteria sedang (68.32). Hal ini Terlihat dari rerata persentase penilaian LKS yang memiliki kriteria tinggi (85.68%), kriteria rendah (58.48%) pada penilaian poster, dan kriteria sedang (65.11%) pada nilai tes tertulis. Kata Kunci : pemecahan masalah, pencemaran lingkungan, LKS, poster, tes tertulis %C Unila %D 2014 %I Falkultas ekoonomi %L eprints3108