%A 113127005 Dahliya %T PENERAPAN PENDEKATAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KONSEP SIFAT-SIFAT MAGNET DI KELAS V SD NEGERI 1 TANJUNG KEMALA KECAMATAN PUGUNG %X Berdasarkan identifikasi masalah serta temuan peneliti di lapangan proses pembelajaran sains masih didominasi oleh guru melalui ?transfer penelitian?. Hal tersebut berdampak negatif baik dari segi proses maupun hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Negeri 1 Tanjung Kemala Kecamatan Pugung. Penelitian tentang analisis penggunaan pendekatan inkuiri ini dilakukan sebagai upaya menemukan solusi untuk memperbaiki teknis perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pada proses pembelajaran. Pada penelitian ini penulis menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur pelaksanaan melalui tiga siklus dimana setiap siklusnya terdiri dari; (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan isntrumen aktivitas siswa, lembar instrument kinerja guru dan lembar soal tes untuk mengukur hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan inkuiri pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri 1 Tanjung Kemala Kecamatan Pugung berdampak pada peningkatan aktivitas dan hasil belajar. Hal ini dapat dilihat dari aktivitas belajar siswa pada siklus I (35,11%) dengan kriteria ?kurang aktif? meningkat pada siklus II menjadi (51,57%) dengan kriteria ?cukup aktif? dan pada siklus III (62,23%) dengan kriteria ?aktif?. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I (59,42%), siklus II (64,80%), siklus III (70%). Kata kunci: Pendekatan Inkuiri, aktivitas dan hasil belajar %C Universitas Lampung %D 2014 %I FKIP %L eprints3112