TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints31120 UR - http://digilib.unila.ac.id/31120/ A1 - RISNI ANJANI , 1313052049 Y1 - 2018/01/10/ N2 - Masalah dalam penelitian ini kemandirian belajar siswa rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemandirian belajar dengan menggunakan konseling client centered pada siswa kelas XI SMA Negeri 14 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimental dengan one group pretest-posttest design kemudian dianalisis dengan menggunakan uji Wilcoxon. Subjek penelitian sebanyak 4 siswa yang memiliki kemandirian belajar rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan skala kemandirian belajar. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemandirian belajar mengalami peningkatan setelah diberikan konseling client centered. Hal ini ditunjukan dengan membandingkan hasil posttest dan pretest, diperoleh harga z hitung = -1,826 dan z = 1.645 maka Ho ditolak dan Ha diterima dan hasil analisis memperlihatkan peningkatan sebesar 41%. Karena z tabel hitung < z maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat peningkatan kemandirian belajar setelah diberikan layanan konseling Client Centered pada siswa kelas XI SMA Negeri 14 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2017/2018. Kata kunci : Bimbingan dan Konseling, konseling Client Centered, kemandirian belajar. tabel PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGGUNAAN KONSELING CLIENT CENTERED UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 14 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2017/2018 AV - restricted ER -