creators_name: EKA MAY WIDIASTUTI, 1313021029 creators_id: ewidia75@gmail.com type: other datestamp: 2018-04-23 08:03:44 lastmod: 2018-04-23 08:03:44 metadata_visibility: show title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 22 Pesawaran T.P. 2017/2018) ispublished: pub subjects: LB subjects: QA full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem posing terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII semester ganjil SMP Negeri 22 Pesawaran tahun pelajaran 2017/2018 yang terdiri dari 202 siswa dan terdistribusi dalam tujuh kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII D dan VIII E yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Desain yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan komunikasi matematis siswa. Analisis data penelitian ini menggunakan uji Mann-Whitney U. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa model pembelajaran problem posing berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Kata kunci: komunikasi matematis, problem posing date: 2018-04-09 date_type: published publisher: UNIVERSITAS LAMPUNG place_of_pub: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN id_number: 1313021029 citation: EKA MAY WIDIASTUTI, 1313021029 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 22 Pesawaran T.P. 2017/2018). UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN. document_url: http://digilib.unila.ac.id/31130/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/31130/2/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/31130/3/SKRIPSI%20FULL.pdf