TY - GEN CY - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN ID - eprints31173 UR - http://digilib.unila.ac.id/31173/ A1 - YESI RATNA SARI, 1413054053 Y1 - 2018/04/11/ N2 - Masalah dalam penelitian ini adalah belum berkembangnya perkembangan kognitif pada anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan perkembangan kognitif anak melalui media puzzle dan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media puzzle terhadap perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun di TK LPM Raman Endra. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan eksperimen. Metode dalam penelitian yang digunakan adalah eksperimen, dengan Treatment By Subjects Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, sampel dalam penelitian ini berjumlah 38 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t untuk melihat perbedaan perkembangan kognitif anak dalam pembelajaran dan pemecahan masalah anak sebelum dan sesudah aktivitas media puzzle. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh media puzzle terhadap perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun. Terbukti bahwa ada perbedaan perkembangan kognitif sebelum dan sesudah penggunaan media puzzle. Hasil ini berarti bahwa penggunaan media puzzle dapat membantu untuk menstimulus perkembangan kognitif anak, terutama pada perkembangan pemecahan masalah anak usia 5-6 tahun. Kata Kunci: perkembangan kognitif, media pembelajaran PB - UNIVERSITAS LAMPUNG TI - PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE TERHADAP PENINGKATAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK LPM RAMAN ENDRA AV - restricted ER -