creators_name: Asih Sekar Ningrum, 1313041009 creators_id: asihsekarningrum3@gmail.com type: other datestamp: 2018-04-26 02:54:29 lastmod: 2018-04-26 02:54:29 metadata_visibility: show title: PENGGUNAAN BAHASA DALAM POSTER DI KOTA BANDAR LAMPUNG SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA ispublished: pub subjects: P1 full_text_status: restricted abstract: ABSTRAK PENGGUNAAN BAHASA DALAM POSTER DI KOTA BANDAR LAMPUNG SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARA BAHASA INDONESIA DI SMA Oleh Asih Sekar Ningrum Masalah dalam penelitian ini adalah penggunaan bahasa khususnya keefektifan kalimat dalam poster di kota Bandar Lampung serta implikasinya terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan bahasa dalam poster di Kota Bandar Lampung dengan mengidentifikasi bahasa yang digunakan serta implikasi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah deskritif kualitatif, yakni prosedur penyelesaian masalah dengan memaparkan keadaan objek penelitian berdasarkan fakta-fakta yang tampil sebagaimana adanya. Sumber data dalam penelitian ini adalah poster-poster yang dipasang di Kota Bandar Lampung terdiri atas poster kegiatan, poster lingkungan, poster niaga, dan poster penerangan. Data penelitian berupa bahasa khususnya kalimat efektif yang digunakan dalam poster kegiatan, poster lingkungan, poster niaga, dan poster penerangan.Dari hasil penelitian, diketahui kalimat efektif pada poster yang dipasang di Kota Bandar Lampung dengan ciri kesepadanan berjumlah 21 poster dari 23 poster dengan persentase 91,30%; kesejajaran berjumlah 16 poster dari 23 poster yang dengan persentase 69,56%; penekanan berjumlah 17 poster dengan persentase 73,91%; kehematan berjumlah 15 dari 23 poster yang dipasang di Kota Bandar Lampung dengan persentase 65,21%. Penelitian ini dapat diimplikasikan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA sebagai sumber atau bahan pembelajaran, yaitu dengan Kompetensi Dasar teks iklan dan 4.1 menginterpretasi makna teks iklan. Kata kunci : bahasa, kalimat efektif, poster. date: 2018-02-27 date_type: published publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan place_of_pub: Universitas Lampung id_number: 1313041009 citation: Asih Sekar Ningrum, 1313041009 (2018) PENGGUNAAN BAHASA DALAM POSTER DI KOTA BANDAR LAMPUNG SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung. document_url: http://digilib.unila.ac.id/31236/1/1.%20ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/31236/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/31236/3/3.%20SKRIPSI%20FULL%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf