%0 Generic %9 Other %A Setiani Suryaningrum, 0746031062 %C Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik %D 2014 %F eprints:3134 %I Universitas Lampung %T EFEKTIVITAS KOMUNIKASI ORGANISASI ANTARA KEPALA SEKOLAH DAN GURU TERHADAP KINERJA GURU (Studi Pada Guru SMK Negeri 2 Bandar Lampung) %U http://digilib.unila.ac.id/3134/ %X Pentingnya komunikasi bagi manusia tidak dapat dipungkiri begitu juga bagi suatu organisasi. Sekolah adalah bentuk organisasi formal yang salah satunya terdiri dari kepala sekolah dan guru yang saling berhubungan dalam mencapai tujuan pendidikan. Oleh karena itu, dengan adanya efektivitas komunikasi organisasi antara kepala sekolah dan guru diharapkan dapat berpengaruh terhadap peningkatan kinerja guru di sekolah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “seberapa besar efektivitas komunikasi organisasi antara kepala sekolah dan guru terhadap kinerja guru?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui “seberapa besar efektivitas komunikasi organisasi antara kepala sekolah dan guru terhadap kinerja guru di SMK Negeri 2 Bandar Lampung”. Penelitian ini berdasarkan teori Hubungan Manusia. Teori ini menjelaskan pentingnya individu dan hubungan sosial dalam kehidupan manusia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan sampel 55 guru SMK Negeri 2 Bandar Lampung. Responden penelitian diambil dengan menggunakan metode simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas komunikasi organisasi antara kepala sekolah dan guru menunjukkan signifikan terhadap variabel kinerja guru sebesar 0,721 atau 72,1% termasuk katagori tinggi. Komunikasi organisasi yang dimaksud dalam penelitian ini yaitu proses komunikasi vertikal ke bawah, vertikal ke atas dan komunikasi horisontal. Hipotesis diterima karena pengujian hipotesis menunjukkan nilai Thitung lebih besar dari nilai Ttabel pada taraf signifikan 5% dengan perbandingan 14,557>1,673. Artinya, terdapat efektivitas komunikasi organisasi antara kepala sekolah dan guru terhadap kinerja guru SMK Negeri 2 Bandar Lampung. Kata kunci The inportance of communication for human can not be denied as well as for an organization. The School is a formal organization composed of subsystem is one them prinsipals and teachers are interconnected to achieve educational goals. Therefore, with the effectiviness of organizational communication between prinsipal and teachers are expected to affect the performance. The formulation of the problem in this research is “how the effectiviness organizational communication between prinsipal and teachers toward teachers performance?” The purpose of this research is to know how the effectiveness organizational communication between prinsipal and teachers toward teachers performance at SMK Negeri 2 Bandar Lampung. This research used Human Relations as the main theory. This theory explains a process of communication that recognizes the importance of the individual in organization and social relationships in organizational life by using quantitative method, this research have 55 samples which were taken from teachers in SMK Negeri 2 Bandar Lampung. The sample were chosen by simple random sampling method. Result of research indicates that effectiveness organizational communication between prinsipal and teachers has a significant effect to teacher performance variabel equal to 0,721 or 72,1%, including strong catagory. Communication in organizations which referred to in this is the communication proces that communication vertical upward, downward vertical communication and horizontal communication. The hypothesis of this research is received, with a comparetion Tvalue > Ttable that 14,557 > 1,673. Which means that the effectiveness organizational communication between prinsipal and teachers has a significant effect to teacher performance. Keywords : Organization Communication, Theachers Performance