TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints31348 UR - http://digilib.unila.ac.id/31348/ A1 - DANDY PRASETYA , 1313052012 Y1 - 2018/03/22/ N2 - Masalah dalam penelitian ini adalah partisipasi dalam diskusi kelompok belajar siswa masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan layanan bimbingan kelompok teknik homework assignment untuk meningkatkan partisipasi dalam diskusi kelompok belajar pada siswa kelas XI di SMA Negeri 6 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2017/2018. Metode penelitian adalah metode pre eksperimen dengan desain one group pretest-posttest dan dianalisis dengan statistik non parametrik menggunakan uji T-test. Subjek penelitian sebanyak 25 orang siswa yang memiliki partisipasi dalam diskusi kelompok belajar yang rendah,sedang dan tinggi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan partisipasi dalam diskusi kelompok belajar dengan menggunakan bimbingan kelompok teknik homework assignment, hal ini ditunjukkan hasil analisis data dengan menggunakan independent sample t-test, berdasarkan gain score kelompok t output > t tabel (26,336 > 2,064) maka, Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan terdapat peningkatan partisipasi siswa dalam diskusi kelompok belajar dengan menggunakan bimbingan kelompok teknik homework assignment pada siswa kelas XI SMA Negeri 6 Bandar lampung tahun ajaran 2017/2018. Kata kunci : bimbingan kelompok, homework assignment, Partisipasi PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - MENINGKATKAN PARTISIPASI DALAM DISKUSI KELOMPOK BElAJAR MENGGUNAKAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK HOMEWORK ASSIGNMENT PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 6 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2017/2018 AV - restricted ER -