?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=IDENTIFIKASI+KESULITAN+GURU+IPA+DALAM+MERENCANAKAN+DAN+MELAKSANAKAN+ASESMEN+%0D%0A(Studi+Deskriptif+pada+Guru+IPA+SMP+Negeri+di+Kecamatan+Tulang+Bawang+Tengah+dan+Kecamatan+Tumijajar)&rft.creator=PUTRI+JANATI%2C+1313024067&rft.subject=L+Education+(General)+%3D+Pendidikan+&rft.description=Penelitian+ini+bertujuan+mendeskripsikan+kesulitan+guru+IPA+SMP+Negeri+di+Kecamatan+Tulang+Bawang+Tengah+dan+Kecamatan+Tumijajar+dalam+merencanakan+dan+melaksanakan+asesmen.+Sampel+pada+penelitian+ini+sebanyak+32+guru+yang+diambil+menggunakan+teknik+total+sampling.+Data+penelitian+berupa+data+kualitatif%2C+dikumpulkan+dengan+menggunakan+angket+dan+wawancara%2C+kemudian+dianalisis+secara+deskriptif+persentase+dan+Model+Miles-Huberman+yang+di+dukung+dengan+data+profil+guru.%0D%0A%0D%0AHasil+penelitian+menunjukkan+kesulitan+guru+IPA+dalam+merencanakan+asesmen+termasuk+kategori+cukup+dengan+persentase+sebesar+36%2C9%25%2C+kesulitan+berkategori+rendah+ditemukan+pada+sub-indikator+menentukan+bentuk+asesmen+berdasarkan+KD%2C+kesulitan+dengan+kategori+cukup+pada+sub-indikator+menetapkan+tujuan+asesmen+berdasarkan+KD%2C+membuat+indikator+asesmen+berdasarkan+KD%2C+menentukan+teknik+asesmen+berdasarkan+KD%2C+membuat+kisi-kisi+asesmen%2C+dan+membuat+rubrik+asesmen%2C+serta+kesulitan+berkategori+tinggi+pada+sub-indikator+menuliskan+pertanyaan+berdasarkan+kaidah+penulisan+soal.+Kesulitan+guru+IPA+dalam+melaksanakan+asesmen+tergolong+kategori+cukup+dengan+persentase+kesulitan+sebesar+33%2C7%25%2C+dengan+kesulitan+berkategori+rendah+ditemukan+pada+indikator+pelaksanaan+asesmen+ranah+kognitif+(yang+dipengaruhi+oleh+fasilitas+ruang+belajar%2C+membagikan+soal%2C+pengawasan+tes%2C+alokasi+waktu%2C+kondisi+pelaksanaan%2C+dan+karakter+siswa)%2C+kesulitan+dengan+kategori+cukup+pada+indikator+pelaksaan+asesmen+ranah+afektif+(yang+dipengaruhi+oleh+mengamati+aspek+yang+diniai%2C+alokasi+waktu%2C+kondisi+pelaksanaan%2C+jumlah+peserta+didik%2C+dan+karakter+siswa)%2C+serta+kesulitan+dengan+kategori+cukup+pada+pelaksanaan+asesmen+ranah+psikomotorik+(yang+dipengaruhi+oleh+mengamati+aspek+yang+dinilai%2C+fasilitas+ruang+belajar%2C+alokasi+waktu%2C+pengawasan+kegiatan%2C+kondisi+pelaksanaan%2C+jumlah+peserta+didik%2C+serta+karakter+siswa).%0D%0A%0D%0AKata+kunci+%3A+asesmen%2C+guru+IPA%2C+kesulitan%2C+melaksanakan%2C+merencanakan%0D%0A&rft.publisher=UNIVERSITAS+LAMPUNG&rft.date=2018-04-26&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F31360%2F1%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F31360%2F2%2FSKRIPSI%2520TANPA%2520BAB%2520PEMBAHASAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F31360%2F3%2FSKRIPSI%2520FULL.pdf&rft.identifier=++PUTRI+JANATI%2C+1313024067++(2018)+IDENTIFIKASI+KESULITAN+GURU+IPA+DALAM+MERENCANAKAN+DAN+MELAKSANAKAN+ASESMEN+(Studi+Deskriptif+pada+Guru+IPA+SMP+Negeri+di+Kecamatan+Tulang+Bawang+Tengah+dan+Kecamatan+Tumijajar).++UNIVERSITAS+LAMPUNG%2C+FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F31360%2F