%A 1013053038 ASRI WINDU PARAMASASTI %T PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS IVC SD NEGERI 1 METRO PUSAT %X Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya nilai sikap, keterampilan, dan pengetahuan siswa pada pembelajaran tematik. Penelitian ini menggunakan PenelitianTindakanKelas (PTK). Prosedur penelitian berbentuk siklus yang terdiri terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus dimana setiap siklus 1 kali pertemuan. Alat pengumpulan data menggunakan soal-soal tes dan lembar observasi. Analisis data menggunakan analisis data kuantitatif.Hasil penelitian ini dapat dilihat dari nilaihasilbelajar siswa pada siklus I dengan kategori cukup, meningkat menjadi baik pada siklus II, dan pada siklus III menjadi sangat baikdan pada siklus III meningkat menjadi sangat baik. Nilai hasilbelajarpengetahuansiswapadasiklus I mendapatkan rata-rata 74,6 padasiklus II 79,65dan siklus III meningkat menjadi 81,8. Kata kunci:Hasil Belajar,Model Pembelajaran Berbasis Masalah(PBM) ABSTRACT Purpose of this research is to increase student learning result with applicate problem solving learning type IVC grade. The method of the research was classroom action research that consist of planning, implementing, observing, and reflecting. This study was conducted in which every cycle 3 cycle 1 times. Data collection tools using the test questions and observation sheets. Data analysis using qualitative and quantitative data analysis. The results of this research can be seen from the results of the learning attitude of students in cycle I by categories, escalate into a good cycle II, and in cycle III became very good. The value of the results of the learning skills of the students in cycle I, by category, on cycle II, and III increased to cycle very well. The value of the learning outcomes of students knowledge on cycle I get an average of 74.6 cycle II 79.65 and cycle III increased to 81.8. Keywords:Problem Solving, Result Learning %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2017 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints31361